Komunitas: Calya dan Sigra Ikut-ikutan Datsun

Datsun GO Panca
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVA.co.id – Mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) saat ini menjadi ladang bisnis yang menggiurkan oleh para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Terbukti kedua merek raksasa asal Jepang; Toyota dan Daihatsu, bahkan sudah mulai mengembangkan model LCGC selanjutnya dari model yang sudah ada sebelumnya.

Kaget Lihat Mobil Anggota DPR RI Cantik yang Minta Dikawal TNI

Sepertinya tak aneh jika langkah tersebut mereka tempuh, mengingat larisnya model LCGC di Tanah Air beberapa tahun belakangan. Ini tentu menjadi bukti bahwa mobil murah ramah lingkungan memang cukup diminati.

Terbaru, Toyota dan Daihatsu menyiapkan duet kembar LCGC terbarunya di Indonesia, yakni Calya dan Sigra. Sedianya peluncuran akan dilakukan bulan depan, alias Agustus 2016. Calya dan Sigra diketahui mengusung segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) entry-level tujuh penumpang, yang sejauh ini hanya dilirik Datsun melalui model GO+ Panca.

Menparekraf Sandiaga Uno Dapat Rekor Muri Berkat Datsun GO

Menanggapi hal ini, komunitas Datsun di Indonesia tak ambil pusing dengan kehadiran Calya dan Sigra. Mereka justru bangga, karena Datsun menjadi pelopor ketimbang merek-merek lainnya. Hal itu disampaikan Ketua Umum Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) Agus Syawal saat berbincang VIVA.co.id, Selasa, 12 Juli 2016.

"Karena yang ditawarkan Datsun masih mumpuni, buktinya jadi ikut-ikutan kan yang lain,” kata dia.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Baca juga:

Meski begitu, DGCI mengaku senang dengan menjamurnya LCGC di Tanah Air. Dengan begitu, pilihan masyarakat akan mobil murah tentu akan lebih beragam. “Kami sangat senang dengan perkembangan mobil LCGC di Indonesia. Yang nantinya pilihan model LCGC jadi lebih beragam. Kami pikir ini bukan suatu keanehan, memang ini kebutuhan,” ujarnya.

Terkait kabar yang menyebut jika Calya dan Sigra akan lebih luas dari Datsun Go+, Agus juga menyatakan tak ambil pusing. Menurutnya, selisih angka apakah lebih besar atau lebih kecil tak berbeda banyak. “Iya kalau menurut saya, luas kabin sama saja ya, kan hanya beda sedikit. Setahu saya kalau LCGC itu pasti mempunyai ukuran yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Sementara, menurut informasi yang didapat dari seorang narasumber Auto2000, Calya akan memiliki dimensi yang lebih besar dari Datsun GO+ Panca. Disinyalir Calya dan Sigra akan memiliki panjang 4.070 milimeter, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm dengan wheelbase 2.525 mm.

Sedangkan Datsun GO+ Panca diketahui hanya mempunyai panjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm, tinggi 1.490 mm, dan wheelbase 2.450 mm.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya