Satu Alasan Kuat Mobil Berbobot Berat Layak Dibeli

Renault Kwid
Sumber :
  • autocar

VIVA.co.id – Saat ini sudah banyak konsumen yang mengerti cara memilih mobil yang tepat untuk kebutuhan mereka. Mereka sudah tahu apa yang harus diperhatikan, mulai dari model hingga spesifikasi.

Selain Triber, Renault Akan Luncurkan Dua Produk Baru di GIIAS 2019

Salah satu spesifikasi yang kerap dijadikan patokan saat membeli mobil adalah bobot. Umumnya, konsumen akan memilih mobil dengan bobot yang ringan. Itu karena beban mesin akan lebih enteng untuk menggerakkan mobil, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa mobil dengan bobot yang berat juga memiliki keunggulan. Salah satu contohnya adalah mobil Renault Kwid produksi India.

Renault Kwid Listrik Bakal Punya Kembaran, Made In China

Dilansir dari Indianautosblog, Rabu 13 Juli 2016, selain untuk pasar lokal, pabrik Renault di India juga membuat Kwid untuk dipasarkan ke Brasil. Uniknya, ada perbedaan bobot antara Kwid versi India dengan versi Brasil.

Kwid versi India memiliki bobot 650 kilogram (kg), sementara di Brasil Kwid memiliki spesifikasi bobot hampir 800 kg. Artinya, ada selisih hampir 150 kg.

Dua Mobil Murah Eropa Segera Masuk Indonesia

Alasan Renault membuat Kwid lebih berat untuk dipasarkan ke Brasil itu demi memenuhi regulasi keamanan negara tersebut. Tidak hanya ada penambahan fitur, namun Renault juga merancang Kwid versi Brasil dengan struktur rangka yang lebih kuat.

Penambahan kekuatan struktur rangka dilakukan agar saat terjadi tabrakan, mobil dapat meredam benturan dengan lebih baik.

Bahkan jok yang digunakan antara dua Kwid tersebut juga memiliki bobot yang berbeda. Disebutkan bahwa jok Kwid versi Brasil lebih berat sembilan kg dibanding versi India.

Tentu saja, harga jual Kwid di Brasil akan lebih mahal. Mobil mungil yang rencananya akan mulai dijual saat gelaran pameran otomotif Sao Paulo Auto Show 2016 itu dijual mulai dari 608.631 Rupee, atau setara dengan Rp118 juta.

Sementara di India, Kwid yang tersedia dalam dua pilihan mesin itu dijual mulai dari 262.113 Rupee, atau sekitar Rp51 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya