Menyibak Motor Listrik 'Murah' Viar, Dijual Rp17 Jutaan

Motor listrik Viar Pulse.
Sumber :

VIVA.co.id – Sepeda motor listrik dipercaya akan menjadi tren di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini beralasan mengingat isu lingkungan yang semakin santer serta harga bahan bakar yang terus melambung.

Sepeda Listrik Baru Rp5 Jutaan Hadir di Indonesia

Salah satu pabrikan yang melirik pasar motor listrik, yakni Viar Motor Indonesia. Bahkan, tak lama lagi, Viar bakal merilis motor listriknya di Tanah Air dengan harga terbilang terjangkau.

Menurut Marketing Communication Viar Motor Indonesia Frengky Osmond, pihaknya akan merilis motor listrik bernama Pulse sekira Oktober 2016. Sejauh ini, pihaknya bahkan sudah memamerkan wujud Viar Pulse di ajang Jakarta fair Kemayoran.

Sepeda Listrik Ini Pakai Baterai Berbahan Antipeluru

"Proyeksinya Oktober (meluncur). Tetapi, pemesanan sendiri sudah kita buka bagi masyarakat yang berminat," kata Frengky kepada VIVA.co.id, Rabu, 13 Juli 2016.

Soal harga, sejauh ini dikatakannya masih belum ditentukan. Frengky hanya menyebut apabila Pulse saat ini masih menunggu proses keluarnya harga on the road. Sementara uji tipe sendiri sudah keluar. "Kalau harga off the road-nya sekira Rp16,5 jutaan. Cuma kalau on the road plus biaya penambahan lainnya, sekira Rp17 jutaan," kata dia lagi.

Sepeda Lipat Listrik Ini Dapat Diskon Lumayan

Harga ini relatif lebih murah dibandiingkan motor listrik pendahulunya yang ada di Indonesia. , misalnya, pendatang dari Amerika ini menjual motornya dengan harga . 

Viar Nekat?

Viar, kata dia, mulai fokus ke pasar motor listrik lantaran merasa optimistis akan diterima masyarakat. Meski terdengar belum populer, namun dirasa akan menjadi ceruk menguntungkan dari sisi bisnis, karena belum banyak pemain yang melirik pasar motor listrik di Indonesia.

“Kalau dibilang nekat ya tidak, karena kami sudah perhitungkan semuanya dengan matang. Saat ini, kami juga coba mengedukasi masyarakat Indonesia soal motor listrik,” katanya.

Sedianya, motor listrik ini akan dipasarkan di wilayah kota-kota besar di Indonesia. Frengky mengatakan, Viar menargetkan motor ini dapat digunakan untuk jarak dekat alias commuter. Targetnya pun kalangan pekerja dan ibu rumah tangga.

Pihaknya mengaku juga bakal menyiapkan diler khusus dan teknisi khusus sebelum lakon debut dilakukan. "Ke depan, mesin motor listrik ini akan dibuat secara lokal, saat ini kami juga masih terus melakukan pengembangan di Jerman, termasuk dengan universitas di Semarang," kata dia.

Spesifikasi Viar Pulse

Bicara desain, Pulse tampil futuristik. Pada bagian dinamo sebagai tenaga penggerak, Viar melakukan kerjasama dengan BOSCH asal Jerman. Dinamo yang terletak di tromol ini memiliki daya maksimal 1.200 watt. “Kalau untuk baterai menggunakan jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid),” kata dia.

Motor ini memiliki kecepatan maksimal 60 kilometer per jam. Baterai sendiri bisa menempuh jarak sekitar 100 kilometer.

Fitur menarik yang sudah terjejal yakni pada bagian speedometer sudah mengusung teknologi full digital. Pada panel indikator ini, memperlihatkan banyak informasi seperti kecepatan, daya baterai hingga jarak tempuh. Selain itu, lampu motor ini juga sudah mengusung lampu LED.

Selain itu, motor ini juga bisa dilengkapi dengan STNK sehingga akan lebih aman secara legalitas. Tidak hanya itu saja, Viar Pulse juga dilengkapi dengan keyless start engine yang memudahkan pengguna menghidupkan motor tanpa menggunakan kunci kontak. Skutik listrik ini telah menggunakan rem cakram depan dan belakang dan juga fitur safety berupa alarm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya