Bocoran Lengkap Kabin Toyota Calya

Toyota Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Toyota Calya tak lama lagi siap membuka selubungnya di Indonesia. Mobil ini diproyeksikan akan meluncur secara perdana di Tanah Air pada Agustus 2016 mendatang, dan nantinya juga akan dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Meski belum meluncur, VIVA.co.id mendapatkan secara eksklusif gambar interior Toyota Calya yang didapat dari salah seorang sumber internal pabrikan asal Jepang tersebut. Pada foto yang diberikan ke redaksi, kabin tersebut merupakan Calya tipe tertinggi, yakni tipe 'G'.

Lirikan pertama kali tertuju pada bagian dashboard. Secara tampilan, cukup lumayan menopang apa yang diusung mobil tujuh penumpang itu. Dashboard menganut two-tone alias dua warna. Lalu, posisi persneling juga cukup unik, yakni tampak bertengger di bagian dashboard, mirip dengan Daihatsu Gran Max dan Datsun Go Hatchback atau Go+ Panca.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Cukup menjadi pertanyaan, mengapa Toyota memposisikan persneling ada di dashboard. Dari penilaian subjektif redaksi, hal ini sepertinya mengakali dimensi Calya yang tak cukup lebar, sehingga agar tak sempit pada bagian kursi. Jika sudah begitu, rem tangan sepertinya berada di kaki.

Lirikan selanjutnya terpaku pada bagian setir yang mengusung bahan Urethane + Thumb Rest. Ruang odometernya, mirip Toyota Avanza lama, atau seperti Agya-Ayla.

Lalu, saluran Air Conditioner pinggir kanan-kiri dengan bentuk membulat, sementara tengah berbentuk kotak. Hadir pula empat speaker pada mobil ini.

Calya Vs Avanza, Ini yang Dipilih Perusahaan Taksi

Interior Toyota Calya

Setir, odometer, dan trasnmisi Toyota Calya. Foto: Sumber VIVA.co.id

Meski demikian, kelebihan tampak mentereng pada bagian audio yang sudah double din. Kelebihan lainnya yang patut diapresiasi adalah penjejalan Dual SRS airbag, sabuk pengaman di tiga titik, hingga baris ketiga, serta ISOFIX.

Toyota Calya

Kabin Toyota Calya. Foto: Sumber VIVA.co.id

Ada pemandangan yang cukup menyita perhatian. Di baris kedua Toyota Calya, lantainya tampak menonjol, tentu akan mengganggu kaki penumpang, dan kelegaan kabin. Ini tentunya seperti sebuah kendaraan dengan penggerak roda belakang. Padahal, dari literasi yang banyak beredar, Calya dibekali penggerak roda depan.

Dari pengamatan foto di atas, baris kedua sandaran jok tampak bisa rebah dengan perbandingan 40-60 persen.

Bagasi Toyota Calya

Kabin Toyota Calya. Foto: Sumber VIVA.co.id

Toyota sejauh ini melalui foto brosur yang bocor mengklaim jika baris ketiga Toyota Calya memiliki ruang yang luas, termasuk urusan bagasinya. Tetapi, sejujurnya kami ragu. Sebab, tampak sempit. Tentu keraguan baru bisa dibayar lunas saat peluncuran nanti, bisa saja benar-benar luas atau justru sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya