Esemka Pakai Pabrik Geely untuk Produksi Mobil Adia

Mobil Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – PT Adi Citraperkasa Esemka Hero (ACEH) masih mempersiapkan pabrik yang nantinya akan digunakan untuk memproduksi mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik tersebut diketahui menempati lahan seluas lebih dari 15 hektare.

Nekat Mudik, Tiga Pemuda Ini Dikarantina di Eks Pabrik Esemka

Selain di Boyolali, ACEH juga disebutkan memiliki pabrik yang berlokasi tidak jauh dari Jakarta, yakni Bogor, Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele menjelaskan, pihaknya telah mengetahui lokasi pabrik Esemka yang ada di Bogor.

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

"Iya, memang benar kalau pabrik yang di Bogor itu akan memproduksi mobil Esemka juga nantinya. Sudah ada pengajuannya juga ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin)," Kata Yan saat ditemui VIVA.co.id di gedung Kemenperin, Kamis 14 Juli 2016.

Ia menjelaskan, pabrik Esemka yang ada di Bogor menggunakan fasilitas yang dimiliki pabrikan mobil asal Tiongkok, Geely, untuk membuat mobil terbarunya.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

"Iya, menggunakan fasilitas Geely. Kerja sama dengan Geely untuk membuat purwarupa mobil Adia buatan PT ACEH," ujarnya.

Pabrik yang berlokasi di Cileungsi tersebut dikabarkan mampu memproduksi hingga 40 ribu unit.

"Kalau di Bogor, pabriknya akan memproduksi mobil Adia 1.000cc 30 ribu unit, Adia 2.000cc 10 ribu unit. Total 40 ribu unit," jelasnya.

Namun, angka produksi tersebut menurutnya belum pasti. Hal ini dikarenakan proyek masih dalam proses perencanaan dan bisa saja berubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya