Mengenal Renault Midlum, Truk Teror Prancis

Truk Tabrak Puluhan Orang di Nice Prancis.
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard

VIVA.co.id – Truk berukuran besar menabrak kerumunan warga yang berkumpul saat tengah merayakan Hari Nasional Prancis (Bastille Day) di kota Nice, Prancis. Dalam kejadian itu, dilaporkan 80 orang meninggal, termasuk wanita dan anak-anak, akibat tertabrak truk.

Temuan KNKT pada Truk Maut di Balikpapan Bikin Terkejut

Usai menabrak kerumunan warga, sopir truk juga sempat baku tembak dengan polisi setempat, sebelum akhirnya berhasil ditembak mati.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, Jumat 15 Juli 2016, aksi teror ini dilakukan dengan menggunakan truk buatan Renault, yakni Renault Midlum.

Aksi Penusukan Brutal Terjadi di Gereja Perancis, 3 Orang Tewas

Hal ini terlihat dari desain jendela pada pintu truk dan juga tuas pembuka pintunya. Selain itu, Midlum juga memiliki lubang hawa di sisi kanan bagian depan truk.

Truk Renault Midlum.

Ada Truk yang Terpaksa Dipotong Baknya di Pameran Kendaraan Komersial

Renault Midlum

Midlum umumnya digunakan untuk mendistribusikan barang di dalam kota. Truk ini memiliki GVW (gross vehicle weight) atau berat kotor 15 ton, dan bisa digunakan untuk mengangkut barang dengan berat hingga tiga ton.

Dengan panjang tujuh meter dan lebar 2,1 meter, Midlum dibekali mesin diesel enam silinder turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 237 daya kuda dan torsi 920 Newton meter.

Renault mulai memasarkan Midlum sejak 2000 hingga 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya