Ini Peran Kemenperin dalam Pengembangan Esemka

Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVAcoid/Agus Saptono

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memiliki tugas untuk memberikan izin produksi bagi setiap produsen mobil. Termasuk mobil yang digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional, yaitu Esemka.

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Lantas, langkah apa yang sudah dilakukan oleh Kemenperin untuk menyukseskan pengembangan mobil Esemka?

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele menjelaskan, pihaknya tidak terlibat secara langsung dalam pengembangan mobil Esemka.

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

"Itu kan bisnis ya, kita tidak ada keterlibatan langsung. Ini kan bukan mobil LCGC (low cost green car). Fasilitasnya juga umum dan sama seperti yang diberikan Kemenperin pada produsen lain," Kata Yan saat ditemui VIVA.co.id di Kantor Kemenperin, Kamis 14 Juli 2016.

Ia menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus untuk mobil Esemka. Walaupun mobil tersebut menjadi calon mobil nasional.

RI Lepas Ekspor Minuman Beralkohol Perdana Diageo ke Thailand

"Tidak ada, kalau LCGC baru ada. Jadi, kalau ditanya keterlibatan Kementerian Perindustrian, tidak ada. Yang ada adalah kita menciptakan iklim usaha nasional, dan itu berlaku ke semua APM (agen pemegang merek)," ujarnya.

Menurutnya, langkah yang bisa dilakukan oleh Kemenperin untuk mendukung mobil Esemka adalah dengan mendorong industri perakitan agar dilakukan secara lokal.

"Salah satu yang kita lakukan adalah mendorong industri untuk komponen berkembang dalam negeri, supaya mendukung industri perakitan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya