Tips Mudah Hilangkan Lecet Tipis pada Mobil

Goresan pada mobil.
Sumber :
  • Automotto.com

VIVA.co.id – Tentu semua pemilik kendaraan ingin mobilnya tampil sempurna, termasuk urusan eksterior yang menginginkan mulus tanpa goresan. Namun, umumnya goresan tak bisa terhindari karena banyak hal, di antaranya 'oleh-oleh' di jalan raya saat pemakaian.

Mobil Gran Max Langsung Terbakar saat Kecelakaan Maut di Km 58, Ada 3 Unsur Penyebabnya

Namun, jika terdapat goresan tipis di mobil Anda, jangan panik. Sebab, ada cara menghilangkan goresan tipis dan dapat dilakukan di rumah. Anda hanya tinggal menyiapkan kompon dan kain lap saja, bodi mobil yang tadinya tergores dapat kinclong kembali. Tapi, sebelum Anda melakukan pemolesan sendiri di rumah, lebih baik perhatikan hal berikut ini.

Menurut Imam Harahap, penggawa Marvel Solitaire, bengkel perawatan khusus bodi mobil di Jakarta, umumnya menghilangkan goresan tipis di bodi mobil memang terbilang susah-susah gampang. Biasanya terkendala dengan lap yang digunakan dan tingkat abrasi kompon itu sendiri.

Terpopuler: Identitas Pemilik Gran Max Maut, Mobil Terlaris 3 Bulan Berturut-turut

Selain itu, Imam juga menambahkan, untuk warna cat mobil yang terang seperti silver, putih dan lain-lain agak sedikit riskan untuk dipoles sendiri di rumah. “Biasanya setelah dipoles pasti objek utamanya lebih terang dibanding dengan bidang lainnya, nah itu yang menyebabkan belang,” ujar Imam, saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 15 Juli 2016.

Menurutnya, untuk penggunaan lap atau kain yang akan digunakan dalam proses pemolesan jangan pernah memilih lap yang permukaannya bermotif atau kasar seperti bahan katun. “Lebih baik gunakan lap yang benar-benar halus, dan saat proses pemolesan jangan terlalu ditekan,” terangnya.

Terpopuler: Kakak Beradik Korban Kecelakaan Tol Cikampek, Penyamaran Polisi Tangkap Pengedar Ganja

Termasuk juga dengan penggunaan bahan kompon. “Kompon juga bermacam-macam ada cream, dan cair. Kalau lecetnya dikira terlalu lebar, lebih baik pakai kompon yang tingkat abrasinya tinggi, biar pemolesan juga tidak terlalu ditekan dan tidak bikin pegal. Memang pada dasarnya kompon itu membuat glossy jadi turun,” kata dia.

Dia juga mengatakan jika penggunaan obat antinyamuk untuk menghapus goresan di bodi mobil tak disarankan. Sebab, lotion antinyamuk justru akan membuat pudar cat kendaraan dan membikin kusam, karena sifat bahannya yang terlalu keras.

Defender Gallery Senayan City

Land Rover Indonesia Hadirkan Defender Gallery di Senayan City

Land Rover Indonesia, di bawah naungan Inchcape Indonesia, resmi membuka pop-up store "Defender Gallery" terbarunya di Senayan City, Ground Floor. Defender Gallery ini ak

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024