Alasan Harga Motor di Tiap Diler Berbeda-beda

Honda di Indonesia Motorcycle Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Bagi pemilik sepeda motor, pasti pernah menemukan perbedaan harga di berbagai diler. Tak cuma harga, bahkan diskon yang diterapkan masing-masing diler juga berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi pertanyaan sebagian orang.

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini

Menjawab pertanyaan itu, Deputy Head Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin, mengatakan, hal ini terkait dengan besaran pajak antarwilayah yang juga berbeda.

"Kalau masalah harga yang berbeda-beda tiap diler itu karena kan sangat tergantung dengan pajak motor antarwilayah. Tentunya tiap wilayah pajaknya berbeda-beda dan memengaruhi harga motor," kata Muhib, saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 15 Juli 2016.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Selain itu, kata dia lagi, selain pajak, yang menjadi penyebab perbedaan harga motor hingga diskon berbeda di setiap diler yakni besaran angsuran yang ditentukan oleh pihak perusahaan pembiayaan alias leasing yang memiliki kisaran bunga berbeda-beda. "Jadinya, harga angsuran tiap diler di tiap wilayah juga berbeda," kata dia.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Honda Cengkareng, ada satu hal lainnya yang memengaruhi besaran diskon pada masing-masing diler. Disebutkan, diskon di setiap diler akan berbeda-beda karena strategi penjualan dan biaya operasional setiap diler yang berbeda.

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?

Banyak diler yang memiliki strategi penjualan langsung ke konsumen dan banyak juga diler yang mengandalkan strategi penjualan melalui mediator. Tentu apabila melalui mediator maka akan ada broker fee yang perlu dibayarkan kepada sang mediator. Maka itu disarankan, Anda wajib langsung bertanya ke diler resmi untuk mendapatkan diskon terbaik.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan pihaknya mengusulkan batasan barang kiriman pekerja migran yang terbebas dari pengenaan bea masuk dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024