Merawat Mobil Putih Sangat Sulit, Mitos atau Fakta

Ilustrasi mobil berwarna putih.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Merawat bodi mobil memang perlu rutin dilakukan, agar tampilannya tetap seperti baru. Tapi, apakah setiap warna mobil cara perawatannya sama, terutama warna putih yang katanya lebih rentan kotor dan berubah?

Bengkel Mitsubishi Tetap Buka saat PPKM Darurat

“Sebetulnya, merawat bodi warna putih sama saja dengan warna cat lainnya. Memang, beberapa orang masih percaya bahwa warna putih itu cepat kuning atau kotor,” ujar penggawa salon mobil premium Marvel Solitaire, Imam Harahap, saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 15 Juli 2016.

Menurutnya, warna kuning yang ditimbulkan memang berasal dari kotoran yang menempel dan dibiarkan begitu saja. “Jika kotoran itu tidak segera dibersihkan atau tidak dicuci, efek warna kuning itu akan muncul,” katanya.

Cara Mudah Cek Kondisi Mobil, Hanya Butuh 5 menit

Imam menegaskan, hal itu berbeda dengan mobil zaman dulu yang tidak memiliki pelapis pada cat dasarnya. Tanpa ada pelapis, perubahan warna terjadi akibat faktor cuaca.

“Berbeda dengan mobil sekarang yang sudah dilapisi clear coating atau pernis, yang gunanya untuk menjaga dari paparan sinar matahari dan kotoran lainnya,” jelasnya.

Harga Jual Kembali Mitsubishi Bisa Stabil Berkat Hal Ini

Itu sebabnya, Imam menyarankan agar pemilik mobil tidak menyepelekan kotoran yang menempel. Usahakan kalau mobil sudah kotor, segera dicuci.

“Kalau bisa, sesekali dipoles, untuk menghilangkan noda yang tidak terangkat ketika proses pencucian,” ungkapnya.

Ilustrasi pelayanan di bengkel resmi Mitsubishi di fase New Normal

Cara Mudah Merawat Mobil Tanpa Khawatir Garansi Hangus

Ada program khusus agar pemilik tak perlu lagi cemas dengan kondisi kendaraannya.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2021