Beberapa Diler Yamaha Belum Siap Layani Recall, Ini Sebabnya

Yamaha R25.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – Pertengahan Juni 2016, Yamaha Motor Company mengumumkan adanya recall (penarikan kembali) terhadap sejumlah produk motor sport mereka, yakni R3, R25, MT-25, MT-03, dan R25A. Produk-produk tersebut merupakan buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lantas, seberapa jauh tanggung jawab Yamaha?

Vaksin di Sini Bisa Dapat Rp500 Ribu dan Tukar Motor Baru

Assistant General Manager Marketing YIMM, Mohammad Masykur menyatakan, hingga saat ini recall pada motor-motor yang terkait sudah berjalan.

Bahkan, kata Masykur, beberapa komunitas cukup kreatif mengadakan pertemuan sesama pengguna R25 dan MT-25 sembari memerbaiki motor.

Motor Yamaha Buatan Indonesia Kena Recall di Amerika

Sementara, konsumen yang tidak bergabung pada komunitas bisa langsung datang ke diler resmi. Ada sembilan komponen yang akan diganti secara gratis, termasuk oli.

"Bahkan, kemarin kami sediakan juga di pos mudik Yamaha, untuk konsumen yang mau perbaikan R25. Tapi, berapa jumlah yang telah di-recall datanya belum ada," ungkap Masykur, Minggu 17 Juli 2016.

Yamaha Tarik NMax dan R25, Sampai Toyota Hilux Dijual Rp50 Juta

Masykur sendiri mengaku, masih ada sejumlah diler, khususnya di wilayah pelosok, yang belum siap melayani recall. Hal ini dikarenakan kendala libur Lebaran. 

"Kemarin ada yang mengeluh, kok di daerah saya belum, ya mungkin belum sampai komponennya saja," ujar Masykur.

Sekadar informasi, pada R25, ada gigi penggerak pompa oli yang rentan rusak saat tekanan oli kurang. Komponen ini yang diganti. Ada juga bearing yang tidak kuat menerima tekanan kopling, sehingga mengakibatkan proses pindah gigi jadi susah.

Sementara pada MT-25, masalah ada pada jalur selang rem depan yang bersinggungan dengan radiator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya