Ada Mobil Murah Calya, Avanza-Xenia Bekas Sepi Peminat?

Toyota Calya.
Sumber :
  • Internal Toyota

VIVA.co.id – Beberapa pedagang mobil bekas ternyata khawatir dengan hadirnya sejumlah mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) yang jenisnya kini mulai beragam di pasaran. Kabar terbaru datang dari mobil keluarga murah yang segera diluncurkan pabrikan raksasa Toyota dan Daihatsu melalui Calya dan Sigra.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Menurut Sunanta, salah seorang pedagang mobil bekas di bursa WTC Mangga Dua, Jakarta, adanya mobil-mobil murah yang semakin banyak kelasnya membuat pasaran mobil bekas cukup menurun.

"Sebenarnya tergantung konsumen juga sih, kalau tahu kualitas dan kebutuhan pasti mereka memilih mobil bekas. Karena harga barunya dia enggak mampu beli kan," ujar Sunanta saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Ia pun mencontohkan, saat Honda meluncurkan salah satu crossover terbarunya dengan harga Rp230 jutaan. Padahal nominal itu bisa buat membeli SUV bekas Honda yang kualitasnya lebih bagus. Meski tak termasuk dalam kategori LCGC, namun cukup berpengaruh.

"Memang kalau banyak mobil baru dengan harga murah dan itu sudah sesuai kebutuhannya. Jadi cukup mengganggu pasaran mobil bekas," kata Sunanta.

Calya Vs Avanza, Ini yang Dipilih Perusahaan Taksi

Menanggapi soal munculnya kedua MPV murah, seperti Calya dan Sigra yang harganya mulai dari Rp129 jutaan sampai Rp150 jutaan, pria humoris ini menegaskan, semua keputusan ada di calon pembeli.

"Saya juga pernah ditawarkan sama sales-nya. Katanya bentuknya sama kayak Avanza, tapi harganya murah," kata Sunanta.

Ia menambahkan, dengan hadirnya Calya dan Sigra, pasaran Xenia dan Avanza bekas tidak bakal terganggu.

"Orang-orang sudah tahu kalau mobil sejuta umat yang bagus dengan harga terjangkau. Jadi kalau Calya dan Sigra mungkin berbeda," kata dia.

Pengaruhnya sendiri, menurut Sunanta, akan berdampak pada mobil lainnya di luar Avanza dan Xenia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya