Trik Ampuh Bersihkan Bekas Stiker pada Kendaraan

lepas stiker pada mobil
Sumber :
  • cars.com

VIVA.co.id – Pemilik kendaraan kini mulai melirik pengaplikasian stiker pada bodi kendaraannya. Hal itu ditempuh karena beragam alasan, mulai dari ingin tampilan kendaraan berbeda dari keluaran pabrikan, menjaga eksterior dari goresan, hingga bosan dengan warna asli.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Namun demikian, masih banyak pemilik kendaraan yang sembarangan memasang stiker di mobilnya. Yakni, pemasangan stiker dengan kualitas yang buruk. Padahal, stiker yang berkualitas ialah yang berbahan vinyl ayau plastik, karena tidak meninggalkan noda saat dilepas.

Namun demikian, menurut Joko, penggawa Joker Sticker di kawasan MGK Kemayoran, Jakarta, dia punya trik khusus untuk melepas stiker pada kendaraan tanpa meninggalkan noda.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

“Kami menggunakan sofgun yang suhu panasnya sudah diatur, agar bekas lem dan proses pencopotan mudah,” tuturnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Sementara menurut Anthony Siregar, salah seorang pemilik sebuah toko perawatan mobil di Jakarta, seperti dilansir situs resmi Toyota, sebagai pengetesan awal apakah stiker mudah dilepas, coba cungkil ujung stiker menggunakan kuku. Jika stiker bisa terlepas sepenuhnya dengan mudah dan tanpa meninggalkan noda, maka stiker tersebut berkualitas cukup bagus. Anda bisa langsung menariknya tanpa ragu atau khawatir.

UEA Tenggelam, Warga Ceritakan Kengerian Banjir Dubai

Namun bila cukup sulit dilepas dan meninggalkan noda bekas stiker, Anda harus melakukan beberapa tahap pelepasan agar bisa mengurangi risiko merusak cat mobil kesayangan.

Bahan dan alat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah minyak tanah atau bisa juga menggunakan bensin. Kemudian, siapkan pula plastik pembungkus, kain mikrofiber, sabun cuci piring, exterior cleaner, obat poles, isopropyl alcohol (IPA), dan wax.

Caranya, oles minyak tanah atau bensin di permukaan stiker yang akan dilepas. Bensin atau minyak ini difungsikan sebagai pelunak material stiker sehingga mudah dilepas. Kemudian, tutup permukaan stiker yang sudah diolesi tersebut menggunakan plastik pembungkus.

"Biarkan selama 10 menit, kemudian buka plastik pembungkus dan lepas stiker dari ujung atas," kata dia.

Metode lainnya

Ada cara lainnya yang bisa diterapkan untuk melepas stiker pada kendaraan. Dikutip dari berbagai sumber, cara pertama adalah dengan menggunakan pengering rambut. Panaskan stiker dengan pengering rambut, lalu dorong stiker menggunakan kartu ATM, atau kartu kredit yang sudah tidak terpakai lagi.

Cara kedua, Anda memerlukan minyak kayu putih. Cairan ini sifatnya tidak mudah menguap, jadi ideal untuk membersihkan sisa-sisa perekat yang masih menempel pada bodi.

Cara terakhir yaitu memakai cairan WD-40 atau Sanpoly. Kedua cairan ini memiliki sifat mengurangi daya rekat lem. Cukup lapisi stiker dengan salah satu cairan, biarkan selama beberapa menit dan kelupas stiker dengan memakai spatula kayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya