Penyebab Motor Ngebul Mirip Fogging

Ilustrasi knalpot ngebul.
Sumber :
  • www.keshamotor.wordpress.com

VIVA.co.id – Salah satu masalah yang kerap muncul pada sepeda motor, khususnya jenis empat-tak,  keluarnya asap yang muncul dari knalpot atau sistem pembuangan motor. Pada motor dua-tak, asap yang ke luar dari sistem pembuangan merupakan hasil campuran antara oli samping dengan bensin motor. Namun, masalah ini juga kerap terlihat pada motor empat-tak.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya, knalpot sepeda motor empat-tak didesain tidak mengeluarkan asap pada bagian sistem pembuangan motor. Apabila Anda mengalami hal serupa mirip fogging, bisa jadi motor Anda harus segera dilakukan pengecekan, karena terindikasi mengalami masalah.

Menurut Wawan, penggawa Bengkel Jaya Motor di Pondok Bambu, Jakarta Timur, motor empat-tak yang mengeluarkan asap karena seher dan filter oli yang mengalami penyumbatan. Akibatnya, kinerja oli tidak maksimal. Ini disebut sebagai salah satu masalah serius.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Pengaruhnya dari seher, awalnya filter oli yang tidak bagus dan tidak lancar, kemungkinan menguap karena oli tidak ada dan mengakibatkan seher baret dan ngebul, dan seal klepnya juga sudah aus," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id, Selasa, 19 Juli 2016.

Selain itu, rusaknya piston atau ring piston yang berfungsi untuk melumasi oli mesin agar pelumas pada ruang pembakaran tidak mengalami overheat atau kepanasan. Untuk mengatasinya, kata Wawan, perlu dilakukan korter dan juga penggantian piston, serta dilakukan pengecekan di beberapa komponen lainnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Paling yang dilakukan korter bagain linernya, buka klep bongkar bongkar head, ring seher ganti. Kalau tidak cacat, diakalin. Selain itu ganti blok dan piston juga, baru bisa normal lagi. Kalau hanya asap putih biasa, cukup seal klepnya saja," tutur dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022