Beberapa Penyebab Mobil Pintu Geser Gampang Rusak

Mobil pintu geser.
Sumber :
  • Youtube capture

VIVA.co.id – Mobil yang memilki pintu geser memang menawarkan tingkat kenyamanan lebih dibanding dengan pintu konvensional. Mobil dengan pintu geser ini dapat memudahkan penumpang baris kedua dan baris ketiga ketika masuk ke kabin. Selain itu, cukup praktis ketika harus membuka pintu di tempat sempit, cukup geser.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Tentu, mobil yang memiliki pintu geser ini memang diperuntukkan bagi model Multi Purpose Vehicle (MPV). Karena bukaan pintu yang lapang dapat memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi mobil yang dapat menampung tujuh penumpang ini.

Beberapa pabrikan mengklaim bahwa pintu geser atau yang lebih dikenal sliding door ini jarang mengalami kerusakan. Namun, kalau penggunaan yang tidak benar kerusakan pun bisa saja terjadi, karena pintu geser ini memiliki beberapa komponen penting.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Menurut Sugandi, kepala bengkel resmi Nissan Indomobil, ada dua jenis pintu geser, yakni otomatis dan manual. Kalau yang manual tidak memiliki kabel sling, jadi hanya mengadalkan roller saja untuk berjalan di garis slide door. Berbeda dengan otomatis, buka tutup lebih fleksibel karena menggunakan motor dan kabel sling untuk menarik pintu secara otomatis.

Kata dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pintu geser otomatis dan pintu geser manual ini tidak cepat rusak. “Perhatikan cara penggunaannya. Untuk manual, usahakan saat menutup jangan terlalu dibanting," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 19 Juli 2016.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Karena dia sudah mempunyai sistem vakum atau pintu dapat rapat sendiri. Kecuali proses buka, terserah deh, mau dengan tenaga atau tidak. Soalnya kalau ini sering dilakukan, sistem vakum yang tadinya dapat merapatkan pintu akan loncer,” kata dia.

Sementara untuk penggunaan pintu geser otomatis, seperti di Nissan Serena, Toyota Alphard, Velfire, dan sejenisnya, menurutnya, tidak perlu menambahkan tenaga saat proses buka dan tutup pintu.

“Apalagi dibuka paksa, jadi tunggu saja sampai sistem motornya membuka secara otomatis, jangan dibantu dengan tangan. Karena saat tombol dipencet, kabel sliding ini otomatis menarik pintu. Ini yang menyebabkan kabel sling cepat macet,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya