Cara Mudah Merawat Pintu Geser Mobil

Merawat pintu geser mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Beberapa orang masih belum mengetahui, bagaimana cara mengoperasikan pintu geser mobil dengan benar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Saat ini, ada dua jenis pintu geser pada mobil, yakni otomatis dan manual. Untuk yang otomatis, pintu geser ini tersemat kabel sliding dan motor, sedangkan jenis manual hanya mengandalkan roller.

Kepala Bengkel Nissan Indomobil, Sugandi menjelaskan, masih ada orang yang memaksa mendorong pintu geser, padahal sudah dilengkapi dengan fitur otomatis.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurutnya, saat tombol pintu ditekan, biarkan pintu terbuka sendiri, jangan dipaksa untuk buka secara cepat dengan tenaga tangan.

Sementara untuk jenis manual, tidak disarankan menutup dengan tenaga berlebih. Hal ini dikarenakan sudah tersedia sistem vakum untuk membantu pintu menutup dengan rapat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Jika itu dilakukan di luar prosedur, kerusakan yang dialami untuk pintu geser otomatis, kabel sliding bisa putus atau macet. Kalau yang manual, roller terkadang macet dan sistem vakum fungsinya rusak,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 19 Juli 2016.

Sugandi menyarankan, setiap kali datang ke bengkel untuk perawatan berkala, ada baiknya pemilik mobil minta kepada teknisi untuk memeriksa kabel sliding atau roller. Khusus pintu geser manual, pemilik mobil bisa mengoles gemuk pada roller untuk melancarkan kinerjanya.

“Pintu geser otomatis memang jarang mengalami kerusakan, kalau bukan umur kendaraan itu sendiri dan penggunaannya yang tidak benar,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya