Mobil-mobil yang Jadi 'Gacoan' Nissan di Indonesia

All New Nissan Grand Livina.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Nissan Motors Indonesia (NMI) mencatat penjualan retail (diler ke konsumen) pada April-Juni 2016 mencapai 12.407 unit. Angka ini diperoleh dari 4.024 unit untuk merek Nissan dan 8.383 unit untuk merek Datsun.

Wuling Hong Guang X, Bakal Lebih Kekar dari Almaz dan Fortuner

Menurut General Manager Marketing Strategy PT NMI, Budi Nur Mukmin, pasca Lebaran, penjualan otomotif naik antara lima sampai 10 persen. Sedangkan Nissan sendiri penjualannya naik 15 persen dibandingkan Mei 2016.

“Mungkin ada efek Lebaran, ada juga efek karena Grand Livina ada varian baru yang kita luncurkan, jadi mix. Tapi Juni, hasil penjualan positif hingga 1.600 unit secara retail,” kata Budi saat ditemui wartawan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2016.

Pembeli SUV di Indonesia Banyak Pakai Perasaan

Dari data tersebut, penjualan mobil Nissan paling tinggi diperoleh dari segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) Grand Livina yang mencapai 1.720 unit, kemudian disusul Sport Utility Vehicle (SUV) X-Trail yang menyumbangkan penjualan sebesar 800 unit.

Di posisi berikutnya, penjualan Nissan disokong March yang mencapai 539 unit, lalu Serena sebanyak 328 unit, serta Navara dan Evalia yang masing-masing 255 unit dan 212 unit.

Fortuner Dapat Penantang Baru, Lebih Besar dan Mewah

Sementara untuk Juke menyumbang penjualan 96 unit, Elgrand 41 unit, Teana 22 unit dan Livina X Gear sebanyak 11 unit.

Nissan sendiri menargetkan penjualan di tahun ini bisa mencapai 21 ribu unit, dengan market share sebesar 1,9 persen. Sedangkan jika digabungkan dengan Datsun, maka targetnya lebih besar yakni mencapai 55.126 unit dengan market share mencapai 5,1 persen.

Hyundai Santa Fe N Performance

Pesaing Fortuner dari Hyundai Kini Punya Varian Lebih Sporty

Diberi kombinasi warna hitam dan aksen emas di sekujur bodi.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2020