Kartel Harga, DPR Pertimbangkan Panggil Honda & Yamaha

Honda BeAt eSP vs Yamaha Mio M3 125 CW. KPPU mencium adanya kartel harga di kelas sekuter matik milik Honda dan Yamaha.
Sumber :
  • Blogotive.com

VIVA.co.id – Indonesia surga pasar sepeda motor. Namun belakangan muncul dugaan perilaku curang raksasa sepeda motor Honda dan Yamaha

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Mereka diduga telah bersekongkolan mengkartel harga motor skuter matik, sehingga harganya jauh di atas harga wajar. Tentu saja, ini jadi perhatian serius pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat.

"Apabila benar mereka melakukan kartel harga, ini sangat menyakitkan konsumen," kata Wakil Ketua Komisi Bidang Industri DPR Mohamad Hekal ketika berbincang dengan VIVA.co.id di Senayan, Jakarta, Rabu 20 Juli 2016.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Menurut politikus Partai Gerindra ini, Honda dan Yamaha menjadi besar karena berhasil meraih kepercayaan konsumen. Masyarakat telanjur percaya terhadap produk dan layanan purna jualnya, sehingga mereka jadi besar.

"Tapi setelah mereka besar, terus sekongkol memeras kantong konsumen, ya jelas itu menyakitkan hati konsumen," ujarnya, menegaskan. 

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Karenanya, Hekal meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terus bekerja menelusuri dugaan permainan harga ini. Namun, jika dirasa perlu, Komisi VI juga akan memanggil Honda dan Yamaha ke DPR untuk menjelaskan duduk perkara ini.

Menurut dia, jika benar terbukti melakukan persekongkolan, Honda-Yamaha harus ditegur dan diberi sanksi tegas. "Bila dirasa perlu, kami akan panggil," kata Hekal.

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Belakangan ini, muncul isu bahwa Pertamina berencana untuk menyetop penjualan BBM jenis Pertalite.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024