Knalpot Kemasukan Air saat Cuci Motor, Apa Bahayanya?

Cuci motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

VIVA.co.id – Pada saat mencuci motor, pemilik biasanya ingin membersihkan kendaraan dengan sempurna. Bagian-bagian yang semestinya sulit dijangkau pun tak luput untuk dibersihkan, termasuk membersihkan bagian knalpot.

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

Namun, pada saat membersihkan knalpot motor, semprotan air yang berasal dari selang, biasanya menyasar ke semua wilayah motor. Akibatnya, lubang pembuangan mesin atau knalpot juga ikut kemasukan air. Banyak yang mempertanyakan efek bahaya knalpot motor yang kemasukan air. Sebab, sistem pembuangan knalpot langsung menyasar ke bagian mesin. Lantas, berbahayakah bila air masuk ke dalam knalpot?

Menurut Iwan, penggawa Expo Motor di wilayah Galur, Jakarta Pusat, masuknya air ke bagian knalpot sebetulnya tidak berbahaya, asalkan air yang masuk tidak terlalu banyak dan menumpuk.

ABG 16 Tahun Nyetir Yaris, Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi

"Di knalpot kan ada lubang kecil di bagian bawahnya, itu gunanya mengeluarkan air yang masuk ke bagian knalpot," kata Iwan saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis, 21 Juli 2016.

Menurut Iwan, kalau pun air yang masuk cukup banyak, menurutnya harus dicek saja oli mesinnya. Karena dikhawatirkan berpengaruh terhadap oli mesin dan kinerja mesin. "Kalau banyak, ya cek aja oli mesinnya, takutnya tercampur dengan air, dicek saja ke bengkel," kata dia.

Apes, Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi Karena Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Sementara itu, di tempat yang berbeda, Wawan, teknisi Bengkel Jaya Motor, di Pondok Bambu, Jakarta Timur menjelaskan akibat buruk air yang masuk ke dalam knalpot akan membuat knalpot berkarat.

"Biasanya kalau air masuk ke dalam knalpot berkarat, nantinya bagian onderdil dalam knalpot karat semua. Dan akibatnya bisa membuat macet di gigi. Akibat terparahnya, kemungkinan tidak bisa jalan dan ngebul," kata dia.

Pohon tumbang di Jalan Arjuna timpa motor

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Akibat hujan deras sejumlah pohon tumbang antara lain terjadi di Jalan Raya Bogor, Jalan Margonda dan kawasan Tanah Baru, Beji pada Rabu sore, 17 April 2024. Akibatnya, m

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024