Fakta-fakta Menarik Toyota Sienta, Diklaim Paling Irit

All New Toyota Sienta di Bandung.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah All New Sienta meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjajal mobil terbaru yang diproduksi di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dalam pengujian kali ini, berbagai penjelasan mengenai mobil penantang Honda Freed ini ditemui. Bahkan Toyota diketahui tak hanya sekadar memproduksi mobil di Indonesia, tetapi juga bagian jantung pacu mobil ini dibuat langsung oleh putra-putri bangsa dengan kode NR tipe 2NR-FE.

Kode ini sama seperti Avanza namun, untuk mobil sejuta umat tersebut dibenamkan tipe 2NR-VE.Menurut Technical Service PT TAM Didi Ahadi, dengan mesin 2NR-FE, mesin yang dibenamkan telah dilakukan berbagai pengujian. Untuk efisiensi bahan bakar, Didi mengklaim lebih irit 10 persen dengan mobil sekelasnya.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

"Kita sudah pernah uji menggunakan komputer, bahkan dioperasikan secara bersama-sama baik di dalam maupun luar kota," ujar Didi saat ditemui wartawan di acara media tes drive di Bandung, Jawa Barat.

Didi mengaku, untuk berapa nilai eksak efisiensi yang diuji tidak bisa disebutkan, lantaran hasilnya bisa berbeda tergantung pengemudi. Selain itu, perbedaan cara pengemudi bisa saja membuat efisiensi jauh lebih irit dilakukan oleh konsumen dari yang dilakukan Toyota. "Tapi kami pede (Sienta) lebih irit daripada kompetitor," ucapnya.

Toyota Sienta Baru Segera Hadir, Lebih Mewah dan Keren

Sekadar informasi, Toyota Sienta ini menggendong mesin 2NR-FE Dual VVT-i 1,5 L yang dapat menyemburkan tenaga 107 PS dan torsi 14,6 kgm. Untuk varian tertingginya yakni tipe Q, semburan tenaga dari mesin Toyota Sienta ini akan disebarkan dengan transmisi CVT.

Sedangkan transmisi manual hanya disematkan pada tipe E. Lalu untuk tipe G dan V ada dua pilihan transmisi yakni manual atau CVT.

Untuk tipe termewah (Q) Toyota Sienta telah dilengkapi dengan lampu Bi-Beam LED plus auto levelling. Sedang velgnya menggunakan two tone 15 inchi. Lalu untuk speedometernya menggunakan TFT LCD 4.2 inchi MID dengan interior bertema dark brown.

Keempat tipe juga telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD+BA dan telah ditanami airbag di depan dan bagian penumpang.

Yang tak kalah penting, untuk sistem pintu sliding, keempat tipe juga menggunakan sistem yang berbeda. Untuk tipe terendah E, menggunakan cara manual. Sedangkan untuk tipe G menggunakan electric left side.Lalu untuk tipe V dan Q telah menggunakan sistem electric sliding doors.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya