Cara Gampang Rawat Motor Usai Hujan-hujanan

Seorang pengendara sepeda motor melewati banjir, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (10/6/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Jojon

VIVA.co.id – Meski musim hujan sudah berakhir, hujan masih kerap turun di Jakarta. Saat hujan ini pasti Anda harus ekstra merawat kendaraan Anda.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Perawatan ekstra dibutuhkan karena air hujan mengandung asam yang bisa menyebabkan beberapa komponen berkarat. Tak cuma itu, hujan juga bikin jalanan tergenang, tentu ini yang kerap bikin mobil atau motor mogok.

Karenanya, Anda butuh kendaraan dengan kondisi prima agar aman di jalanan dan kendaraan tetap awet.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Menurut Wawan, mekanik Bengkel Jaya Motor Pondok Bambu Jakarta Timur, pada saat hujan, seharusnya motor perlu perawatan yang lebih rutin dari biasanya, hal ini mencegah terjadinya mogok di jalan akibat kemasukan air.

"Saat hujan, motor rawan sekali mogok, terutama saat menerjang banjir," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id di Pondok Bambu, Senin 25 Juli 2016

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Ia menjelaskan beberapa bagian mesin yang sangat rentan membuat motor ngadat ketika terkena air hujan yang bersifat asam. Pertama itu sering melakukan pengecekan cangklung busi pada motor. Hal ini membuat pengendara bisa berjaga-jaga apabila ada genangan air hujan atau banjir. "Kalau tidak dijaga akan brebet karena kemasukan air," Ujar dia

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan adalah menjaga agar knalpot motor tidak terlalu pendek dan membersihkan bagian knalpot sesering mungkin agar tidak berkarat.

Untuk mencegah korsleting pada kelistrikan, pemilik motor harus mengecek bagian kabel atau soket motor. Pastikan tidak ada yang lepas maupun keluar dari bodi motor.

"Kalau ada kabel yang lepas, terus masih ada daya listriknya, bisa mengakibatkan konslet," tutur dia.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya