Sienta Produksi Karawang Juga Diekspor

Produksi Sienta di Karawang Plant 2.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ternyata tak cuma memproduksi All New Toyota Sienta untuk pasar lokal. Pasar luar negeri pun dipasok dari Pabrik di Karawang Jawa Barat ini.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

"Tahap awal kami produksi 4.000 unit, permintaan dalam negeri 3.500 dan sisanya ekspor," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Tapi, untuk negara mana saja yang akan menjadi tujuan ekspornya, ia masih enggan membicarakannya. 

Toyota Sienta Baru Segera Hadir, Lebih Mewah dan Keren

Sebagai informasi, Juni 2016, ekspor kendaraan utuh atau Completely Build Up (CBU) Toyota dari Indonesia sudah mencapai 83.800 unit. Sedangkan untuk kendaraan secara terurai Completely Knock Down (CKD) sebanyak 21 ribuan unit. 

TMMIN juga mengekspor mesin utuh sebanyak 69.700 unit, dan komponen kendaraan selama periode yang sama mencapai 43 juta parts.

MPV Toyota Buatan Indonesia Ini Laris di Negara Tetangga

Investasi Rp9,7 triliun

Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami mengatakan, pabrik mesin Karawang ini hasil pengembangan baru. Investasinya menelan Rp9,7 triliun.

"Dari proyek tersebut TMMIN berhasil menyerap tambahan tenaga kerja 400 orang," ujarnya.

Dari pabrik ini keluar mesin alumimium berbasis bensin tipe R-NR. Mesin ini sudah dipakai pada All New Kijang Innova, All New Fortuner, dan juga All New Sienta.
 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya