Trik Gampang Ketahui Wiper Mobil Masih Sehat atau Tidak

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Belakangan ini intensitas hujan masih terbilang tinggi. Padahal, siklus cuaca seharusnya sudah masuk musim panas. Musim pancabora inilah yang membuat pengguna mobil harus lebih ekstra merawat peranti yang fungsinya sangat bermanfaat jika sedang digunakan.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya
Seperti halnya wiper, jangan pernah anggap remeh komponen yang satu ini. Sebab, wiper berfungsi menjaga jarak pandang ketika hujan turun.
 
Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran
Agar sapuan air lebih maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan soal batang wiper dan karet wiper itu sendiri. Sebab, batang wiper yang terbuat dari besi itu pun bisa rusak jika pemakaiannya yang tidak benar, serta karet wiper yang mudah getas.
 
Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?
Menurut Ahmad, service advisor bengkel resmi Honda, sebenarnya ada cara khusus untuk mengetahui apakah wiper kendaraan Anda masih sehat atau tidak. Caranya, bisa menyemprotkan air terlebih dahulu ke bagian kaca dan kemudian hidupkan wiper. Jika wiper sudah tidak bekerja dengan baik, maka air yang tadi disemprotkan akan meninggalkan jejak.
 
Sementara kalau karet wipernya sudah rusak parah, kata dia, bisa menimbulkan baret pada kaca.  “Untuk karet wiper yang sudah tipis alias aus biasanya ada bunyi berderit saat digunakan, apalagi karet wiper sudah tidak lentur dan permukaannya sudah keras, itu mendakan bahwa tidak layak pakai lagi,” kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 27 Juli 2016.
 
“Batang wiper bisa rusak juga, terkadang batang wiper dapat bengkok selain faktor umur. Mobil yang sering diparkir di luar ruangan juga berpontensi cepat rusak (wiper), karena paparan sinar matahari dan pergantian cuaca lainnya dapat mengubah bentuk besi secara tidak langsung, meskipun jangka waktunya lama,” kata dia.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya