Cermat Memilih Wiper, Jangan Tertipu Merek

Untuk mengganti wiper tidak bisa sembarangan, pahami dulu dimensinya.
Sumber :
  • ToyotaSamarinda.

VIVA.co.id – Beragam merek wiper kelas atas sudah banyak tersedia di pasaran, seperti Hella, Denso, Bosch, dan masih banyak lagi. Nah, bukan berarti merek tersebut sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Sebab, untuk mengganti wiper dengan merek aftermarket, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan biar enggak salah beli.

Kalau secara konstruksi, wiper itu hadir dengan dua jenis, yakni frameless dan konvensional yang masih menggunakan frame. “Kalau frameless, bobot lebih enteng karena tidak ada besi penyangga atau frame,” ujar Ahmad, service advisor bengkel resmi Honda saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 27 Juli 2016.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain itu, ada perkembangan teknologi pada wiper, yakni pada ujung karet memiliki lapisan graphite coating. “Lapisan ini memang memiliki friksi yang lebih rendah, sehingga umurnya lebih lama dan rata-rata harganya mahal,” tuturnya.

Menurut Ahmad, untuk mengganti wiper tidak bisa sembarangan, pahami dulu dimensi wiper blade (karet bilah wiper) atau bisa baca buku petunjuk. Sebab, di situ tertera ukuran dengan parameter inci. Pastikan panjang karet yang akan dibeli sama ukurannya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

“Jika salah memilih ukuran, ruang bidang yang bisa tersapu akan berbeda dengan sebelumnya. Apalagi kalau terlalu panjang, wiper akan membentur pilar kaca dan berpotensi merusak mekanik atau dinamo wiper,” katanya.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022