Catat, Efek Buruk Motor Pakai Box

Box utility.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Saat ini, banyak pengendara motor yang menggunakan aplikasi box utility pada tunggangan mereka. Tujuannya, agar dapat menambah muatan barang bawaan mereka. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, rupanya pemasangan box utility juga memiliki efek buruk, yakni mengganggu kestabilan motor dan keaerodinamisan jadi terhambat.

Menurut Wawan, penggawa Bengkel Jaya, Pondok Bambu, Jakarta Timur, penggunaan box tersebut, memang sangat mengganggu kestabilan motor saat dikendarai. Hal ini, karena motor memiliki beban tambahan dengan adanya box tersebut.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Ya, pengaruh, karena suspensi beban belakang itu tidak stabil ketika ada box di belakang saat berkendara," kata Wawan, saat ditemui VIVA.co.id, Jumat 29 Juli 2016.

Selain itu, menurutnya, pengendara pasti akan mengalami ketidakstabilan di bagian setang motor. Setang akan goyang pada saat dikendarai oleh pengendara.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ya, karena kan, titik keseimbangan motor berpindah, yang tadinya ada di tengah-tengah motor, pindah ke belakang motor, kan ada buritan box di belakang," ujar dia.

Namun, hal tersebut akan berlangsung sementara. Biasanya, pengendara sepeda motor akan mulai terbiasa dengan penambahan box di belakang. Kalau pun memang masih merasakan ketidakstabilan saat berkendara, Wawan menyarankan ,agar mengecek bracket box yang digunakan.

"Ya mungkin pasangnya kemiringan, ke kanan, atau ke kiri, kalau bisa dicek bracket pegangan box-nya, jarak buritan, dan bracket box harus pas, supaya stabil lagi," kata dia.

Sementara itu, seperti dilansir WeloveHonda, ternyata penggunaan box tidak diperkenankan pada sepeda motor. Sebab, pemasangan peranti ini akan membuat mesin bekerja lebih berat dari biasanya, apalagi jika terisi penuh.

Biasanya, motor yang kerap menggunakan box utility adalah jenis bebek (moped), atau motor jenis sport. Sebab, motor jenis tersebut tidak memiliki ruang bagasi, atau tak luas.

Sejatinya, aturan ini juga sudah disampaikan dalam buku panduan sepeda motor yang tidak dianjurkan untuk mengubah, atau menambah modifikasi. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan pada bracket, atau lebih parah pada rangka. 

Selain itu, aturan ini ditulis, agar tak memengaruhi riding pembesut saat bermanuver di jalan raya. Terlebih, box juga bisa membahayakan pengendara lain, saat bermacet ria di jalanan perkotaan.

Namun, jika memang sangat membutuhkan box utility, dianjurkan menggunakan dengan ukuran yang kecil, dan sesuai dengan ukuran motor. Jika hanya sekadar membawa jas hujan, Anda bisa menggunakan bungee cord, yakni seuntai karet tebal yang punya pengait di setiap ujungnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya