Fungsi 'Choke' pada Motor, Jarang yang Tahu

Motor Sport Honda 100cc
Sumber :
  • Dhangout

VIVA.co.id – 'Ritual' yang biasa dilakukan para pemilik sepeda motor sebelum menggunakannya di pagi hari adalah memanaskan mesin. Tetapi, di pagi hari, temperatur udara dingin, sehingga mengakibatkan proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi tidak pas.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk mengatasi masalah tersebut, pabrikan biasanya menjejali fitur 'choke' pada motor yang masih mengadopsi karburator. Lantas, apa kegunaan choke pada sepeda motor?

Menurut Pongky, penggawa bengkel Lancar Jaya di Kayu Putih, Jakarta Timur, fungsi choke untuk memberikan suplai bahan bakar. Sistem suplai bahan bakar dengan karburator biasanya mengandalkan daya hisap mesin untuk menarik bahan bakar. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Saat karburator tidak bekerja dengan baik di pagi hari, hal ini menyebabkan pengisian bahan bakar di ruang bakar menjadi lebih lama. Saat itulah choke difungsikan untuk menutup lubang udara, sehingga bensin akan lebih banyak terhisap dibanding udara.

Singkatnya, choke kemudian mengguyur ruang bakar, sehingga mesin dapat bekerja lebih awal.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Sebetulnya pada saat motor dipanaskan di pagi hari, choke sangat berguna untuk memancing sepeda motor agar kerja mesin saat dinyalakan maksimal. Disarankan sih setiap pagi, kalau mau dinyalakan, pakai choke saja dulu," ujar dia kepada VIVA.co.id, Jumat, 29 Juli 2016.

Kata dia, choke juga memiliki kegunaan jika motor mogok. Choke berguna memompa bahan bakar agar tidak terlalu banyak udara masuk, sehingga motor dapat menghasilkan pembakaran yang baik.

Senada, hal itu juga disampaikan Wawan, penggawa bengkel Jaya di Pondok Bambu, Jakarta Timur. "Fungsi choke itu ketika kondisi motor susah hidup. Biasanya di pagi hari, nah itu baru ditarik choke, biasanya buat tutup ruang udara masuk ke karburator supaya nyala," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya