Kapan Air Radiator Perlu Diganti?

Radiator motor
Sumber :
  • blogotomotif.com
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Pada dasarnya radiator yang menjadi sistem pendingin mesin harus dicek secara berkala dan dibersihkan dari kotoran yang menempel, agar tetap berfungsi dengan baik. Sebab, kalau dibiarkan, kotoran bisa menghambat sirkulasi water coolant dan otomatis temperatur mesin cepat naik alias overheat. 

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Menurut Dirjo, mekanik dari Anjany Racing, untuk melihat kondisi radiator harus dikuras atau tidak bisa dengan mengecek warna cairan di dalamnya. Bisa dengan membuka tutup radiator atau cek warna water coolant dari tabung reservoir.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Nah, kalau sudah waktunya dikuras Anda bisa datang kebengkel langganan, tapi kalau untuk melakukannya sendiri, bisa perhatikan cara-cara berikut ini.

"Menguras radiator, lebih baik mesin motor dalam kondisi  jangan terlalu dingin atau terlalu panas. Kalau kondisi mesin normal tidak panas ataupun dingin, kerak radiator mudah dikeluarkan," ujar Dirjo saat ditemui VIVA.co.id di Jalan Panjang, Kelapa Dua, Jakarta Barat, Senin 1 Agustus 2016.

Menurutnya kalau menguras radiator dalam kondisi radiator ikut dingin jadi lebih rumit. Karena kotoran yang menempel pada radiator akan cepat mengering dan sangat mudah menempel pada dinding radiator.

"Maka kami menyarankan, kondisinya jangan terlalu dingin banget. Pun kalau terlalu panas, nanti saat proses membuka baut atau membuka saluran pembuangan radiator bisa rusak atau gugus," kata Dirjo.

Nah untuk Idealnya saat proses pengurasan radiator bisa dilakukan dua sampai tiga kali pengulangan, tergantung air yang keluar nanti. "Biarkan radiator tetap menempel pada motor, jadi tinggal buka tutupnya untuk masukan air biasa untuk hasil yang lebih maksimal saat menguras radiator menambahkan radiator flush," ujar dia.

Dirjo menambahkan, untuk cairan flush ini, cukup gunakan sekitar 100 ml, ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel didalam radiator. Selain itu, radiator flush juga mampu menetralisir kadar asam dan menetralisir residu minyak.

Kalau air dan flush sudah dimasukkan. "Nyalakan motor kurang lebih 15 menit, setelah itu coba dinginkan mesin baru buka saluran pembuangannya. Kalau saat dibuang airnya keruh berarti lakukan sekali lagi sampai bersih" kata Dirjo.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya