Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya

Toyota Calya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id - Wujud mobil ramah lingkungan berkapasitas 7 penumpang dari Toyota dan Daihatsu, yakni Calya dan Sigra, resmi diperlihatkan Selasa 2 Agustus 2016 kemarin di Karawang, Jawa Barat.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Kehadiran dua mobil murah dengan kapasitas 7 penumpang ini tentu menimbulkan tanda tanya. Apakah kehadiran Calya ini tak akan menggerus pasar Toyota Avanza yang hingga saat ini masih menjadi primadona.

“Kalau dijual mulai hari ini, customer bisa datang ke showroom untuk melihat unitnya. Kalau memang cocok bisa resmi melakukan SPK (surat pemesanan kendaraan),” ungkap General Manager Marketing Planning TAM, Anton Jimmi Suwandy, di sela-sela acara perkenalan.

Saat disinggung mengenai penjualan Calya yang dapat menggerus Avanza, Anton tidak menampik akan hal tersebut. Hal tersebut dikarenakan Calya dan Avanza merupakan mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV).

“Sedikit banyak akan ada dampaknya, karena pembeli Avanza atau mobil Low MPV memang bayak dari fresh buyer, segmen yang secara otomatis adalah target dari mobil ini, jadi secara otomatis bisa berdampak,” kata Anton.

Untuk mengetahui seberapa besar pasar Avanza yang akan tergerus, Anton mengungkapkan bila pihaknya harus melihat kondisi pasar tiga bulan ke depan. Selain itu, ia juga menegaskan keinginan TAM yang paling utama adalah peningkatan penjualan mobil Toyota secara keseluruhan.

“Yang paling penting bagi kita adalah total penjualan Toyota meningkat. Customer kan punya pilihan secara budget dan model. Kalau tergerus pasti tergerus kalau ada yang pindah juga, tapi kita tetap harapkan penjualan Toyota naik,” kata Anton.

Ilustrasi pembelian mobil

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Daftar kenaikan harga mobil baru Toyota Mei 2020.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2020