Bus Kolong Anti-Macet Dites di Jalanan Ramai

Bus kolong atau Transit Elevated Bus (TEB) diuji coba
Sumber :
  • paultan

VIVA.co.id - Impian Tiongkok untuk mengatasi kemacetan dengan menghadirkan kendaraan transportasi paling ideal sepertinya akan segera terwujud. Ya, bus kolong yang dapat 'menelan' mobil-mobil di jalanan telah diuji coba.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Seperti dilansir Paultan, Rabu 3 Agustus 2016, bus kolong atau yang disebut dengan Transit Elevated Bus (TEB) ini diuji coba pertama di Qinhuangdao, sebuah kota pelabuhan di Provinsi Hebei, Tiongkok, yang memang dikenal sangat macet.

Tes ini melibatkan insinyur dan pejabat untuk melihat uji kelayakan dari bus TEB ini. Tes ini juga bermaksud untuk memastikan keamanan bus yang juga sering disebut 'bus jongkok' ini. Bus ini akan dites secara menyeluruh, termasuk apabila ada truk yang lewat, apa yang harus dilakukan oleh bus.

Untuk penumpang, kendaraan ini mampu membawa hingga 300 penumpang, dan memiliki 18 kursi di sepanjang kabin bus, ada juga dua kursi bulat di tengah, dan banyak ruang untuk berdiri. Di luar, ada lampu lalu lintas duduk di keempat sudut bus.

Pengoperasian bus ini didukung dengan energi listrik dan energi matahari. Untuk kecepatan, bus ini dapat melaju hingga 60 km/ jam, sambil membawa sampai 1.400 penumpang pada suatu waktu.

Konsep TEB pertama kali muncul pada 2010 dan dianggap sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di Tiongkok. Bus ini terungkap pertama kali dalam bentuk miniatur di ajang Cina Beijing International Expo High-Tech ke-19, tahun lalu.

Bus tersebut digagas oleh seorang insinyur sekaligus penemu asal Tiongkok, Song Youzhou. Dan dengan uji coba yang telah dilakukan ini, impian Song semakin mendekati kenyataan.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

(ren)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016