Tiga Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Toyota Vios
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id - Pasar sedan di Indonesia memang tak semeriah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), dan Low Cost Green Car (LCGC). Kendati demikian, permintaan sedan buatan Indonesia di luar negeri ternyata cukup menggairahkan.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku produsen kendaraan Toyota di Tanah Air yang berhasil mengeruk keuntungan dari penjualan di luar negeri, salah satunya mobil di segmen sedan.

“Untuk ekspor yang banyak itu Innova, Fortuner, dan Vios. Porsinya 50 banding 50 dari total seluruh produksi ekspor dan domestik,” ungkap Vice President PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono saat peresmian fasilitas workshop forklift dan towing di Pabrik TMMIN yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

Sepanjang tahun ini, TMMIN diketahui mampu memproduksi 167 ribu mobil untuk pasar otomotif Tanah Air dan 83 ribu ekspor. Saat ditanya target yang hendak dicapai TMMIN tahun ini, Warih mengaku keinginannya masih sama dengan pencapaian yang diraih tahun lalu.

“Sekarang kami ada penurunan karena di sisi price issue. Tetapi, ada beberapa negara yang naik. Kalau di Asia itu Vietnam sama Filipina. Kami ekspor ke Filipina kenaikannya cukup tajam. Jadi kami berharap volume ekspor kami sama dengan tahun lalu,” katanya.

Beberapa produk yang dibuat antara lain, Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Selain kendaraan dalam bentuk utuh, Toyota Indonesia juga membuat mesin.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Setidaknya, Toyota Indonesia telah mengekspor ke 70 negara berupa kendaraan utuh atau Completely Built Up (CBU), Complete Knock-Down (CKD), mesin dan sejumlah komponen. (ase)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016