Tips Bersihkan Kolong Mobil Tanpa Rusak Lapisan Anti Karat

Bersihkan kolong mobil secara berkala.
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id - Umumnya setiap pabrikan menyelimuti lapisan anti karat pada setiap kolong mobil buatannya. Hal itu dilakukan untuk memberikan perlindungan dari korosi karena bahan bodi atau kolong mobil itu terbuat dari material besi atau pelat.

Selain itu, lapisan anti karat itu juga berguna agar konsumen yang tinggal di daerah pinggir pantai yang sudah jelas-jelas air mempunyai kadar garam sangat tinggi sehingga dapat mempercepat proses karat.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Nah, lalu bagaimana caranya saat Anda mencuci kolong mobil tidak merusak lapisan karat tersebut?

Menurut Koko, penggawa Seven Siganture yang menjadi salon perawatan mobil, kalau membersihkan kolong mobil tentu langkah pertama menggunakan steam. Sebab Anda bisa mendapatkan semprotan air yang kencang untuk merontokan kotoran yang menempel.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Ia menambahkan, jika sudah disemprot dengan air bersih, Anda bisa mengoleskan shampo khusus untuk mencuci bodi mobil atau sabun colek yang sedikit lebih keras. “Kalau pakai shampo mobil tidak mempan juga, bisa gunakan sabun colek,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 4 Agustus 2016.

Setelah sabun colek dioleskan kebagian kolong mobil, Anda tetap butuh media untuk membersihkannya. “Gunakan spons yang bahannya kasar, biar kotoran itu mudah rontok saat digosok. Jika seteah dibilas, masih ada saja bercak kotoran bekas tanah atau aspal yang menempel bisa gunakan cara lain,” tuturnya.

Menurutnya, air mineral itu hanya sebagai deposite saja, begitu pun sabun yang sifatnya masih terbilang lembut. Kalau dengan cara itu kotoran masih saja membandel, bisa gunakan cara lain yakni menggunakan cairan HF.

Pria ramah ini menjelaskan, memang kandungan HF ini sangat keras, tapi kalau penggunaanya benar sangat mudah sekali kotoran itu hilang. “Karena yang dibersihkan bahan pelat masih aman menggunakan HF, tapi jangan terlalu banyak juga, karena dapat merusak kulit tangan,” tuturnya.

Cara penggunaannya, masih sama dengan all purpose cleaner dicampur dengan air, perbadingannya tetap lebih banyak air. “Kalau sampai airnya yang lebih sedikit, berpotensi merusak kulit tangan. Tapi ini cara ampuh untuk mengilangkan noda yang membandel pada kolong mlbil, dan tidak merusak lapisan karat,” katanya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016