Turun Mesin Justru Bikin Untung, Kok Bisa?

Servis motor injeksi Yamaha
Sumber :
  • Dokumentasi Yamaha Indonesia

VIVA.co.id - Turun mesin alias overhaul merupakan pemeriksaan dan perawatan dapur pacu kendaraan secara menyeluruh.

Dua Hal Ini Bikin Motor Bergetar Parah

Mesin motor atau mobil dibongkar untuk memeriksa kondisi komponen yang ada di dalamnya. Jika ditemukan komponen yang rusak atau kurang berfungsi dengan baik, maka dilakukan penggantian dengan komponen baru.

Namun, istilah turun mesin masih dianggap sebagai hal yang negatif oleh sebagian orang. Turun mesin biasanya diakibatkan kelalaian pengendara yang jarang melakukan servis secara rutin.

Ada Cara Mudah dan Murah Bikin Motor Kesayangan Awet

Namun ternyata, turun mesin juga memiliki sisi positif yang tak banyak orang tahu, yaitu kembalinya performa sepeda motor.

General Manager Aftersales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin menjelaskan, motor yang mengalami turun mesin sebetulnya tidak ada masalah.

Mau Punya Motor Ducati, Segini Biaya Servisnya

Dengan adanya turun mesin, hal itu menandakan kondisi mesin motor diperiksa secara lebih detail, untuk memastikan performanya kembali seperti semula.

"Motor turun mesin tidak ada masalah, jika dilakukan dengan benar perbaikannya. Di dunia balap, turun mesin merupakan hal yang biasa," kata Abidin saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 4 Agustus 2016.

Menurutnya, apabila motor mengalami turun mesin, baiknya dilakukan perbaikan di bengkel resmi dan ditangani teknisi yang ahli dan terlatih. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin.

"Orang yang mengerjakan harus orang yang ahli dan juga terlatih dalam mengerjakan perbaikannya. Supaya sesuai urutan membongkar dan memasangnya kembali. Kan urutan membongkar part yang diganti harus sesuai spesifikasi pabrik, agar tidak terjadi masalah yang lebih banyak lagi," ujarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya