Cara Ampuh Bersihkan Noda di Karpet Mobil Bahan Beludru

Karpet mobil
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Membersihkan karpet mobil dengan bahan beludru tentu harus hati-hati. Karena bahannya beda dengan karpet yang terbuat dari karet yang jelas lebih fleksibel. Pasalnya, karpet mobil bahan beludru ini kalau sudah kotor sangat melekat, begitu pun dengan debu.

Kotoran pada karpet ini biasanya dialami saat keadaan hujan atau Anda habis berjalan melewati tanah atau menginjak sesuatu yang menempel di alas kaki. Nah, kotoran itulah yang Anda bawa ke dalam kabin, dan mengotori lantai mobil. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Kalau ingin membersihkan sendiri di rumah juga bisa, tanpa harus membawa ke salon mobil. Itung-itung menghemat biaya. 

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Sebelumnya Anda bisa gunakan vacum cleaner terlebih dahulu untuk mengangkat debu-debu dan kotoran-kotoran kecil lainnya,” ujar Koko, pemilik Seven Signature, bengkel salon mobil saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia menambahkan, setelah itu siapkan cairan khusus pembersih noda yang disebut all purpose cleaner. Cara penggunaannya cukup dicampurkan dengan air. “Untuk perbandingannya, bermain tingkat keamanan dulu, soalnya obat ini cukup keras juga. Jadi kalau satu tutup botol cairan bisa banding delapan tutup botol air biasa,” tuturnya.

Untuk eksekusinya, gunakan sikat plastik yang bahannya lembut. Sebab, bahan beludru rentan rusak kalau terkena benda kasar. “Sikatnya jangan terlalu kencang, kalau kotoran dan noda tersebut tidak hilang juga, bisa tambahkan lagi cairan tersebut satu tutup botol lagi, berarti hitungannya jadi dua banding delapan air, agar mempermudah hilangnya noda,” katanya.

Nah, kalau noda sudah hilang, Anda juga harus menyiapkan vacum cleaner yang bisa menyedot air, bukan hanya sekadar alat sedot debu dan kotoran. “Itu cara simpel untuk membuat permukaan karpet cepat kering, tanpa perlu dijemur, karena kalau dijemur, pasti ada saja debu yang menempel lagi,” ujarnya.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016