Jok Berbahan Kain Mobil Anda Kotor, Tak Perlu Panik

Bersihkan jok mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id - Bagi Anda yang memiliki mobil dengan jok berbahan kain jangan perlu khawatir jika jok sudah mulai kotor dan terkena noda. Masih banyak cara untuk menghilangkan noda tersebut, tanpa harus membungkusnya dengan sarung jok semi kulit.

Menurut Koko, penggawa Seven Signature yang menjadi salon perawatan mobil menuturkan, untuk menghilangkan noda pada jok berbahan kain cukup mudah bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi perhatikan dulu langkah-langkah berikut ini.

Yang pertama, Anda siapkan cairan all purpose cleaner, sikat gigi bayi dan vaccum cleaner. “Karena sikat gigi bayi mempunyai bulu sikat yang lembut, sedangkan all purpose adalah cairan khusus serba guna yang dapat mengangkat noda pada bahan kain,” katanya saat dihubungi VIVA.co.id.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Ia menambahkan, ada baiknya sebelum menggunakan cairan pembersih jok kain, Anda melakukan penyedotan debu terlebih dahulu menggunakan vaccum cleaner, agar partikel kecil yang tak kasat mata di sela-sela kain bisa terangkat.

Setelah itu, baru campurkan cairan tersebut dengan air dalam satu wadah dengan catatan perbandingan air lebih banyak. Lalu celupkan sikat gigi tadi kewadah yang menjadi tempat cairan cleaner dan mulai eksekusi.

“Saat disikat jangan berlawanan arah, usahakan searah. Sebab jika dilakukan dengan bolak-balik berlawan arah, bahan fabric akan rusak,” katanya.

Menurutnya, jika noda tidak hilang juga bisa lakukan berulang kali sampai hilang. Biasanya dua sampai tiga kali saja hilang. Tapi kerena noda sifatnya berbeda-beda, ia pun mencotohkan kalau misalnya noda dari tetesan kopi tau noda berwarna lainnya, Anda bisa mencampurkan cairan cleaner lebih banyak lagi.

“Jika noda sudah hilang, bisa gunakan kanebo kering untuk menempelkannya pada objek yang habis dibersihkan untuk mengangkat air agar jok tidak basah. Kalau ada, Anda bisa gunakan vaccum cleaner yang dapat menyedot air,” katanya.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016