Kenali Penyebab AC Mobil Tak Lagi Dingin, Wajib Tahu

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Mengendarai mobil tanpa AC di siang hari, tentu sangat menyiksa, apalagi di kota seperti Jakarta. Nah, hal itu yang membuat AC menjadi bagian penting dalam mobil. Namun, terkadang AC tak bekerja maksimal, sehingga mengganggu kenyamanan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Berbicara AC yang bekerja tak maksimal, atau kurang dingin lagi, biasanya disebabkan kerusakan pada beberapa komponennya bukan selalu karen freon habis. Ironisnya, banyak yang masih menganggap freon habis sebagai penyebab AC mobil tak dingin.

Menurut Dede, mekanik bengkel resmi Honda di Panglima Polim, Jakarta, kalau AC sudah tidak dingin lagi, sebenarnya bukan disebabkan dari freon yang sudah mengering, alias habis. Tetapi, ada beberapa komponen yang sudah tidak berfungsi lagi.

“Sebenarnya, tidak ada ketentuan berapa bulan, atau berapa kilometer freon harus diganti. Sebab, penyebab AC tidak dingin bisa saja terjadi karena kompresor macet, filter drier tersumbat, dan kotoran lainnya yang menempel pada evarator,” katanya saat dihubungi VIVA.co.id.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Menurutnya, jika AC sudah tidak dingin ada beberapa masalah pada komponennya seperti kebocoran pada setelan, atau pipa AC, karena faktor umur mobil itu sendiri. Selain itu, penggunaan suku cadang yang sembarangan, atau tidak orisinil juga dapat menjadi penyebabnya.

Selain itum ada juga kerusakan lainnya yang menyebabkan AC mendadak tidak dingin lagi. “Evaporator dan kondensor yang sudah terlalu lama tidak diganti, karena faktor usia juga bisa, atau karena terlau banyaknya kotoran yang menempel,” katanya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Nah, jika sudah begitu, otomatis freon baru akan kena ganti, karena semua komponen AC dibongkar. “Iya, kalau kerusakan disebabkan dari kompresor, filter, dan selang AC, otomatis freon yang masih ada pun harus dibuang, karena dikuras,” katanya. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016