Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Holden WB2
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA.co.id - Setiap pabrikan umumnya memiliki segmen pasar sendiri untuk pasar global, oleh sebab itu mereka menciptakan produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhannya di setiap negara. Seperti General Motors, pada 1980, pabrikan asal Amerika ini melahirkan Holden WB hanya untuk pasar Australia.

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota
Nah, posisi Holden WB ini sebenarnya untuk menggantikan Holden HZ yang sebelumnya hanya  dipasarkan di negeri kanguru tersebut. Tapi, sayang hanya jalan empat tahun tepatnya pada 1984 silam, WB sudah mulai diberhentikan produksinya, karena penjualannya yang tidak menjanjikan.
 
Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul
Namun, melihat kelangkaan mobil klasik tersebut, para penggemar muscle car pun tak menampik sangat menyukai model pickup lansiran GM ini. Seperti Daus, yang sudah memiliki WB lansiran 1980 sejak sepuluh tahun silam tepatnya pada 2007. Menurutnya ini menjadi mobil pertama yang ia beli menggunakan uangnya sendiri.
 
Harley Davidson Bercita Rasa Italia
“Ini mobil gue beli pakai uang sendiri. Yang bikin gue bisa suka banget sama Holden, soalnya dulu orang tua juga naik Holden, tapi yang sedan dan itu juga sudah dijual waktu gue masih sekolah menengah pertama (SMP),” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.
 
Holden WB2
Untuk modifikasi, dia mengaku tidak ingin mengubah dari barang-barang orisinal Holden, kecuali mesin karena rata-rata semua penggemar Holden jarang yang mempertahankan mesin orisinalnya. “Iya namanya juga umur, lagian mesin standarnya hanya inline 3.300 cc. Makanya gue pakai mesin Chevrolet 350 konfigurasi V8 dengan kapasitas 5.700 cc,” tuturnya.
 
Holden WB2
 
Bicara soal penampilan luarnya, pria berbadan tegap ini menjelaskan eksterior semua sudah restorasi. “Gue enggak suka custom apa lagi keluar dari bentuk aslinya, gue suka semua barang orisinil Holden. Jadi untuk semua parts body dan aksesorisnya gue beli baru dari Australia,” tuturnya.  
 
Data modifikasi :
Setir : GTS
Dashboard : GTS
Cat body : Abu-abu Porsche by spies hecker
Headlamp : Trucklite
Lampu belakang : Custom
 
Bumper belakang : Wagon
Pelek : Monaro R15
Ban depan : Toyo 205/65
Ban belakang : Toyo 255/60
Mesin : Chevy 350
 
Piston : Keith black
Karbuarator : Edelbrock
Intake manifold : Edelbrock perfomer RPM
Distributor : Mallory HEI
Kabel busi : MSD
 
Dressup kit : Chevy series
Cams kit : Crane cam
Pompa oli : Melling high volume
Water pump : Edelbrock vistor series
Scoop : Gasett vintage series
 
Radiator : Griffin
Matic cooler : Flexalite
Gearbox : TH 350
Axle : Salisbury
Header : Custom
Tabungg knalpot : Flowmaster 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya