Kenali Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Anda Harus Diganti

Ilustrasi rem mobil.
Sumber :
  • Jalopnik
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Kampas rem merupakan komponen paling vital yang dibutuhkan setiap kendaraan. Begitu juga dengan mobil, tentu saja kampas menjadi ujung tombak keselamatan di jalanan. Kampas rem punya fungsi menghentikan laju kendaraan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Maka dari itu, untuk mengetahui kampas tersebut masih tebal dan masih berfungsi dengan baik atau tidak selain membawa ke bengkel resmi, bisa juga dirasakan oleh Anda dan melihatnya secara visual.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu


Menurut Arifani Perbowo Logistic dan Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI), kalau kampas rem sudah mulai habis itu dapat dirasakan saat berekendara. Pasalnya, untuk rem tromol dan diskbrake pun sama-sama bisa diirasakan saat Anda mulai menjalankan mobil.


“Kampas rem terasa ketika menginjak pedal rem, saat mobil dalam kecepattan tinggi atau kecepatan rendah dapat dirasakan. Pokoknya saat menginjak pedal rem agak terasa dalam tidak seperti biasanya itu salah satu indikator kampas sudah mulai tipis,” ujarnya saat dihubungi
VIVA.co.id,
Selasa 9 Agustus 2016.


Bahkan menurut Arifani, jika kampas rem habis terkadang menimbulkan bunyi berdecit ketika menginjak pedal rem.


Selain itu ada juga kendala lain yang menjadi indikator kalau kampas rem sudah mulai aus. “Biasanya saat menarik rem tangan. Karena ada dua kemungkinan, ketika rem tangan ditarik lebih tinggi bisa juga wirenya sudah melar atau memang kampas rem yang sudah habis,” katanya.


Untuk melihat secara visual, Pria yang akrab disapa Arif ini menambahkan, kalau diskbrake bisa dilihat dari sela-sela kaliper, Anda bisa melihatnya saat mobil dalam kondisi parkir dan coba mengintipnya dari celah pelek. Tapi kalau untuk yang tormol, bisa lepas dulu rodanya dengan dongkrak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya