Jangan Sok Gaya Isi Pertamax Turbo, Perhatikan Risikonya

Ilustrasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id - Jenis bahan bakar dengan oktan tinggi bertambah lagi di Indonesia. PT Pertamina sekarang tidak hanya memiliki Pertamax Racing dengan RON (Research Octane Number) 100, namun juga Pertamax Turbo yang memiliki kadar RON 98.

Kebiasaan Oplos BBM di Tangki kendaraan, Bikin Kualitasnya Jadi Beda?

Meski baru akan diluncurkan secara resmi besok di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, namun sejak Sabtu lalu, Pertamax Turbo sudah tersedia di beberapa SPBU di Jakarta.

Salah satu keistimewaan BBM ini adalah didesain khusus untuk mobil-mobil yang memiliki kompresi mesin tinggi (1:12) atau sudah dilengkapi dengan perangkat turbocharger dan supercharger.

Beli Pertamax, Seruput Kopinya

Technical Service Division Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, mobil yang dijual di Indonesia rata-rata hanya memiliki kompresi 1:10.

Namun, ada beberapa model Toyota yang tingkat kompresi mesinnya mencapai 1:12, yakni Alphard 3.5, Lexus 460 dan Lexus 570.

Hore! Harga Pertamax Semakin Murah

Iwan menambahkan, umumnya mobil-mobil yang memakai kompresi 1:12 adalah jenis mobil balap atau supercar.

“Penggunaan oktan yang besar memang diperuntukkan bagi mobil yang memiliki kompresi tinggi, agar pembakarannya sempurna,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 10 Agustus 2016.

Menurutnya, kalau mobil diisi dengan BBM yang kadar RON-nya lebih tinggi dari rekomendasi, maka ada kemungkinan mesin sulit menyala.

“RON tinggi membutuhkan mesin yang dapat  menghasilkan panas awal yang tinggi. Nah, panas awal itu terbentuk dari tingginya kompresi saat udara dimampatkan ke ruang bakar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya