Tips Hindari Biaya Servis Motor yang Besar

Servis motor Honda.
Sumber :
  • Dok: Astra Motor

VIVA.co.id - Sepeda motor saat ini menjadi salah satu moda transportasi penting bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang menggunakan motor untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sayangnya, tidak semua orang mau merawat sepeda motor mereka dengan teratur. Padahal, perawatan berkala penting untuk menjaga agar Anda tidak mengeluarkan biaya yang besar saat servis.

Salah satu mekanik di bengkel Medan Motor, Klender, Jakarta Timur, Hendra mengatakan, ada beberapa langkah untuk merawat motor Anda agar lebih awet dan terhindar dari biaya servis yang mahal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pertama, Anda terlebih dahulu harus mengecek kondisi aki.

"Kalau aki rusak, enggak enak laju motornya. Aki memengaruhi keawetan motor. Untuk motor-motor tahun sekarang, harus rutin saja dicek," kata Hendra saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia juga menganjurkan untuk mengganti oli motor secara berkala, minimal dalam waktu tiga bulan sekali. Hal itu bertujuan untuk merawat mesin motor. Anda juga harus memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

"Kalau oli itu sebaiknya diganti tiga bulan sekali, pakai oli standar motor kita. Kalau tiap hari dibawa jalan 20 kilometer, ya ganti oli sebulan sekali, biar lebih enak dibawanya," ungkapnya.

Tak hanya itu, Anda juga harus rajin memeriksa busi motor. Ia menyarankan, apabila motor telah mencapai lebih dari 15 ribu kilometer, sebaiknya busi diganti dengan yang baru.

Lalu, lanjut dia, menggunakan bahan bakar berkualitas di SPBU. Bahan bakar tanpa timbal dapat menekan penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang.

"Pakai saja Pertamax, motornya dijamin motor lebih awet. Lumayan bisa irit biaya servis motor," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya