Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?

Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Banyak pemilik kendaraan terutama sepeda motor yang kerap gonta-ganti bahan bakar minyak (BBM). Banyak alasan yang membuat mereka melakukan hal itu, mulai dari kondisi keuangan hingga males untuk mengantre.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Nah, sebenarnya kebiasaan gonta-ganti jenis bahan bakar ini berbahaya atau tidak bagi kendaraan? Untuk menjawab hal itu, VIVA.co.id menemui salah satu mekanik bengkel yang berada di Cipinang Timur.

Menurut sang mekanik, Alex, sering ganti bahan bakar mengakibatkan tenaga mesin akan terasa loyo dan berkurang. Bukan memacu performa motor atau mobil agar terasa kencang, namun justru membuat tenaga berkurang.

"Kalau sering ganti bensin tentu efeknya tenaga jadi kurang. Selain itu, jarum pelampung akan mengalami masalah, filter bensin juga cepat kotor," kata Alex saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 10 Agustus 2016.

Hal itu, kata Alex, dikarenakan banyaknya partikel terbakar secara tidak sempurna. "Setiap bahan bakar memiliki kandungan yang berbeda-beda, bensin oktannya kan rendah, pasti berbeda dengan pertamax," ujar dia.

Ia menyarankan agar pengguna sepeda motor atau mobil menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan anjuran pabrik. "Iya, kan di tangki motor juga ada tulisan tidak menggunakan bahan bakar timbal, ya kalau memang cocoknya pertamax, pakai saja pertamax, jangan selalu gonti-ganti," kata dia.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016