TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

JK Minta Pertamina Cepat Hadirkan BBM Berstandar Euro4

Kilang BBM Euro4 akan dibangun di Balikpapan, Kalimantan Timur.
JK Minta Pertamina Cepat Hadirkan BBM Berstandar Euro4
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat melihat-lihat pameran GIIAS 2016. (Yasin Fadilah/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terus mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan penerapan standar emisi kendaraan menjadi Euro4.

Hal itu karena masih banyak kendaraan di Indonesia yang menggunakan standar emisi Euro2. Padahal, standar ini sudah lama ditinggalkan oleh negara-negara maju.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menginginkan Euro4 segera terlaksana, agar industri otomotif Tanah Air bisa bersaing di kancah internasional.

"Kilang minyak untuk Euro4 kalau bisa lebih dipercepat," ujar Kalla saat berbincang dengan Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro, di stan Pertamina.

Menurut Wianda, untuk menyelesaikan kilang minyak Euro4 butuh banyak tahapan. "Tahap satu, kami akan bangun kilang minyak Euro4 di Balikpapan, dan 2019 mendatang sudah selesai,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk membuat satu kilang minyak, nilai investasinya mencapai US$5 miliar. Jika dirupiahkan ya kira-kira Rp65 triliun. "Kami bekerja sama dengan Menteri ESDM dan Menteri Perindustrian," katanya.

Setelah pembangunan kilang minyak di Balikpapan selesai, baru Pertamina akan membangun kilang tambahan di Cilacap, Jawa Tengah.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP