TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mesin Mobil Dicuci Pakai Air, Boleh atau Tidak?

Karena letaknya yang tertutup, mesin kadang jarang dibersihkan.
Mesin Mobil Dicuci Pakai Air, Boleh atau Tidak?
Ilustrasi bisnis cucian mobil. (VIVA.co.id/Ifan Gusti)

VIVA.co.id – Salah satu komponen mobil yang wajib dicek dan dibersihkan adalah bagian mesin. Mesin merupakan bagian paling vital dalam tiap kendaraan. Namun karena letaknya yang berada di dalam dan tertutup justru kerap tertinggal ketika si pemilik sedang membersihkan kendaraannya.

Padahal, kebersihan mesin mobil sangat penting, karena mesin yang bersih dapat membuat mesin makin awet dan tidak rewel. Meski letaknya di balik kap mesin dan terlihat ribet, sebenarnya Anda bisa membersihkan mesin mobil dengan mudah dan dilakukan sendiri di rumah.

Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda dalam membersihkan mesin mobil, seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin, 15 Agustus 2016.

Pertama, sebelum mulai membersihkan mesin, cek semua sistem kelistrikan mobil. Pastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati.

Cara pengamanannya bisa dengan menutupi bagian elektrikal mesin dan intake udara dengan menggunakan plastik. Hal ini dapat menghindarkan air merembes ke soket kelistrikan mobil. Kedua, gunakan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan engine degreaser ke mesin yang terkena noda karena cairan ini ampuh membersihkan noda membandel. Namun jangan diguyur air.

Setelah menyemprotkan cairan, diamkan dan tunggu selama 10 menit. Untuk meratakan cairannya, gunakan kuas untuk menyapukan cairan ke seluruh bagian mesin.

Ketiga adalah pembilasan. Saat membilas cairan engine degreaser, gunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau menciprat ke mana-mana.

Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda. Jika noda masih terus menempel, Anda bisa juga menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek. Sikatlah bagian mesin mobil yang terkena noda, namun berhati-hatilah agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil.

Tidak semua noda memang bisa hilang secara instan, apalagi untuk noda yang sudah lama menempel dan tidak dibersihkan. Jadi, ada baiknya Anda rajin membersihkan mesin mobil. Selain membuat mesin awet, kebersihan mesin mobil juga sangat dianjurkan agar mobil tidak rewel.

Alasan jangan pakai air

Dilansir Astraworld, mencuci mobil bagian mesin dengan menggunakan air memang tidak disarankan. Sebab, bagian mesin memiliki banyak komponen kelistrikan dan elektronika.

Selain dapat mengganggu kabel-kabel atau soket-soket kelistrikan, komponen elektronika berupa sensor-sensor dapat mengalami kerusakan jika terkena air. Jika kondisi ini sudah terjadi, mesin mobil tentu tidak akan bisa menyala.

Untuk membersihkan mesin, sebaiknya pemilik menghindari penggunaan air. Jika terpaksa, lakukan pembersihan dengan menggunakan kain lap atau kuas kecil yang dibasahi air. Lalu, lap atau sikatlah bagian mesin dengan hati-hati. Pastikan jika tidak ada air yang masuk ke komponen sensor melalui soket-soket kelistrikan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP