Mobil Ini Bisa Jadi Powerbank

Mobil konsep Toyota FCV Plus.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan tiga mobil masa depan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yakni Toyota C-HR, Toyota Mirai dan FCV Plus.

Toyota Bikin Mobil Pengantar Pizza, Bisa Setir Sendiri

Dari ketiga mobil konsep atau purwarupa tersebut, yang selalu menyedot perhatian pengunjung adalah FCV Plus Concept. Menurut Vice President Director TAM, Henry Tanoto, FCV dihadirkan untuk menunjukkan keseriusan Toyota mengembangkan mobil masa depan.

"Mobil konsep FCV Plus pertama diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015, dan merupakan pengembangan mobil konsep FCV sebelumnya," ujar Henry saat ditemui di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Mobil Listrik Mestinya Bukan (Lagi) Wacana

Menariknya mobil ini, kata Henry, adalah kemampuan menghasilkan tenaga listrik yang nantinya bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan.

Menurut Product Knowledge Head TAM, Gandhi Ahimsaputra, selain berfungsi sebagai kendaraan, FCV Plus juga didesain sebagai power generator (pembangkit tenaga listrik).

Mobil Generasi Mendatang Toyota di Tokyo Motor Show 2017

"Ada proses kimia yang bisa menghasilkan energi listrik, yang bisa disalurkan ke rumah dari mobil, mirip powerbank," ujarnya.

Gandhi menuturkan, FCV Plus adalah mobil yang ramah lingkungan, karena menggunakan hidrogen sebagai sumber energinya. Emisi yang dihasilkan dari proses hidrogen menjadi listrik adalah H2O atau air.

Mobil konsep Toyota di GIIAS 2018

Toyota Perkenalkan Mobil Konsep, Kece Badai

Dipamerkan di GIIAS 2018.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2018