Saham Dibeli Nissan, Ini Strategi Mitsubishi

Showroom Mitsubishi Motors Corp di markas besarnya di Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id – Nissan Motors Corporation (NMC) telah resmi mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Kendati demikian, dibelinya saham Mitsubishi oleh Nissan tidak serta merta membuat perusahaan dengan lambang tiga berlian itu ‘tunduk’ atau berada di bawah bayang-bayang Nissan. Kedua perusahaan otomotif asal Jepang itu disebut akan tetap bersaing.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Chief executive Officer (CEO) MMC, Osamu Masuko menyatakan, sinergi dengan Nissan tetap akan dilakukan. Bentuknya antara lain membagi platform dari kendaran, servis dan beberapa hal lainnya.

“Tapi, untuk brand dan pemasaran akan dilakukan secara terpisah. Kendaraan yang diproduksi pasti tidak sama,” ujar Masuko saat datang ke Jakarta.

Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross yang Setop Dijual di Indonesia

Masuko juga menyatakan, untuk branding, hal itu akan tetap disimpan rapat-rapat, baik oleh Mitsubishi maupun Nissan. Artinya, lanjut dia, Mitsubishi akan menjadi Mitsubishi, dan Nissan tetap menjadi Nissan.

“Kami akan bekerja sama secara aliansi, namun dengan cara yang tidak terlihat oleh konsumen. Sehingga, kompetisi tetap dijalankan,” ucapnya.

Mobil Mitsubishi Ini Sudah Tidak Dijual di Indonesia?

Demikian juga dengan yang dilakukan antara Nissan dan Mitsubishi Indonesia. Kata dia, Nissan di Indonesia statusnya tetap menjadi kompetitor.

“Jadi, kami harus berusaha menjual jauh lebih banyak, termasuk dari Nissan. Secara aliansi, kami memang melakukan kerja sama. Tapi secara pasar, kami tetap bersaing, tetap menjadi kompetitor,” jelasnya.

Mitsubishi Pajero Sport di Jakarta Auto Week 2022.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Mitsubishi tebar promo selama gelaran Jakarta Auto Week 2022, baik untuk Xpander maupun Pajero Sport.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022