TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ada yang Unik pada Pendingin Daihatsu Sigra

Sistem double blower yang dipasang tidak seperti pada umumnya.
Ada yang Unik pada Pendingin Daihatsu Sigra
Pendingin double blower Daihatsu Sigra. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Munculnya Astra Daihatsu Sigra sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) rakitan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) cukup menggairahkan pasar multi purpose vehicle (MPV) di Tanah Air. Selain harganya yang terjangkau, Sigra juga dibekali fitur-fitur unik. Salah satunya yakni sistem pendingin dalam kabin.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra mengatakan, sistem pendingin double blower Sigra berbeda dengan mobil lain pada umumnya. Daihatsu bisa saja menyiapkan double blower yang biasa, namun harga jualnya akan jadi lebih mahal dan tidak masuk kriteria LCGC.

"Ini adalah inovasi baru dari sebuah mobil dan menjadi yang pertama di dunia," ujar Amelia.

Sementara itu, Staff Marketing Product Planning Division, Anung Atmaja mengatakan, proses pendinginan udara terjadi di konsol tengah. Setelah itu, udara dingin itu disedot dual circulator yang ada di langit-langit interior.

Sementara pada sistem double blower biasa, udara dingin disalurkan ke kipas yang ada di langit-langit melalui saluran khusus yang terhubung ke blower utama di balik dasbor.

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id, sistem yang digunakan Sigra ini memiliki kelemahan, yakni jika lubang pendingin di konsol tengah tidak mengarah ke blower atas maka udara dingin tidak maksimal disalurkan ke belakang.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP