TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Alasan Sigra Pakai Kopling dan Rem Tangan 'Nyentrik'

Kopling Sigra ada di bagian dasbor.
Alasan Sigra Pakai Kopling dan Rem Tangan 'Nyentrik'
Daihatsu Sigra dengan transmisi di tengah dasbor. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Setiap Multi Purpose Vehicle (MPV) memiliki desain interior yang berbeda-beda. Seperti halnya kedudukan rem tangan dan tuas transmisi, yang tak melulu ada di konsol tengah.

Setidaknya itu juga berlaku untuk produk baru seperti Daihatsu Sigra, yang belum lama ini melakoni debutnya di Indonesia. Kedudukan tuas transmisinya tampak seperti Grand Max, yang berada di dasbor tengah.

Keunikan juga ada pada posisi tuas rem tangan, di mana letaknya tersembunyi di tengah kursi depan. Hal ini diketahui merupakan model pertama kali yang dibuat PT Astra Daihatsu Motor.

Menurut Meddy Hamdani, Departemen Head Product Planning Research and Development PT ADM, rem tangan model lama juga masih diaplikasikan, tapi hanya dibekali untuk Sigra tipe 1.0 atau model terendah.

"Kalau rem tangan yang model baru kita sebutnya kobra, dan tidak ada di model Daihatsu lainnya selain Sigra. Ini biar lebih ergonomis, jadi antara penumpang dan pengemudi kita bikin flat," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id, di Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Ia menambahkan, rem tangan model ini hanya ada pada Sigra 1.2 dari tipe menengah sampai varian tertinggi. "Sebenarnya, kita menggunakan rem tangan model kobra ini biar ruangnya lebih lega tidak ada batasan antara pengemudi dan penumpang," katanya lagi.

"Bisa saja diduduki untuk anak kecil. Tapi kita tidak menganjurkan itu, soalnya tatakannya bukan busa tapi plastik. Biasanya selain jadi arm rest, bisa juga untuk meletakkan barang," tuturnya.

Penerapan itu juga dipandang menguntungkan pengemudi saat mengalami kesulitan parkir di sebelah kanan. Sehingga, sopir dapat dengan mudah bergeser ke arah kiri melewati konsol tengah.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP