Cara Cuci Kolong Mobil yang Benar Biar Tak Gampang Karat

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA.co.id – Pada umumnya, pabrikan telah menjejali lapisan anti karat pada kolong mobil. Tujuannya, untuk melindungi bahan bodi atau kolong mobil yang terbuat dari material besi atau pelat dari korosi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kendati demikian, potensi korosi tetaplah besar jika area kolong tak sering-sering dibersihkan, apalagi jika usai dipakai dalam kondisi hujan yang memiliki kandungan garam tinggi.

Menurut Seven Siganture, sebuah salon perawatan mobil, untuk membersihkan kolong mobil juga wajib memiliki pengetahuan dasar. Langkah pertama adalah dengan menggunakan steam. Dengan menggunakan steam, semprotan air yang kencang akan dengan seketika dapat merontokkan kotoran yang menempel.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Setelah disemprot dengan air bersih, Anda bisa mengoleskan sampo khusus untuk mencuci bodi mobil atau sabun colek yang sedikit lebih keras. “Kalau pakai shampo mobil tidak mempan juga, bisa gunakan sabun colek,” ujarnya, seperti dilansir situs resmi Toyota, Kamis, 18 Agustus 2016.

Setelah mengoleskan sabun colek ke bagian kolong mobil, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan spons. “Gunakan spons yang bahannya kasar, biar kotoran itu mudah rontok saat digosok. Jika setelah dibilas, masih ada saja bercak kotoran bekas tanah atau aspal yang menempel bisa gunakan cara lain,” tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Kalau kotoran masih saja membandel, Anda dapat menggunakan cara lain yakni menggunakan cairan HF. Kandungan HF ini sangat keras, Namun jika Anda menggunakannya dengan benar sangat mudah sekali kotoran itu hilang. “Karena yang dibersihkan bahan pelat masih aman menggunakan HF, tapi jangan terlalu banyak juga, karena dapat merusak kulit tangan,” katanya.

Untuk menggunakannya Anda dapat mencampurnya dengan air, perbandingannya tetap lebih banyak air. “Kalau sampai airnya yang lebih sedikit, berpotensi merusak kulit tangan. Tapi ini cara ampuh untuk menghilangkan noda yang membandel pada kolong mobil, dan tidak merusak lapisan karat,” katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022