Penyebab Mobil Bermesin Kecil Tidak Laku di Indonesia

Mobil konsep Daihatsu di GIIAS 2016. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA.co.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agen pemegang merek Daihatsu di Tanah Air, sampai saat ini belum berani menjual mobil dengan kapasitas mesin kecil di Indonesia.

Relaksasi PPnBM Berlaku, Gaikindo: Sehari 25 Unit Mobil Dipesan

Padahal di Jepang, mobil dengan kapasitas mesin yang kecil mempunyai pasar yang menjanjikan, karena konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan lebih ramah lingkungan.

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra mengatakan, pasar Indonesia berbeda dengan Jepang. ”Orang sini agak ‘alergi’ sama mobil bermesin kecil,” ujarnya.

Uji Emisi di Bengkel Daihatsu Cuma 25 Menit, Segini Bayarnya

Dirinya menampik bahwa mobil dengan mesin kecil tidak memiliki tenaga yang cukup untuk digunakan di dalam kota. "Saya pakai Daihatsu Tanto, mesin 660cc Turbo, enggak ada masalah," ungkapnya.

Menurutnya, orang Indonesia lebih mementingkan kapasitas mesin ketimbang tenaga yang dihasilkan. "Orang Indonesia bukan lihat mesinnya ditambah turbo atau enggak, tapi lihat kapasitas mesinnya," katanya.

Kemenperin Ungkap Stimulus Baru Industri Otomotif Hadapi COVID-19

Ia menegaskan, Daihatsu membuat mobil dalam jumlah yang banyak, agar biaya produksinya rendah. “Barangnya harus bagus tapi harus affordable, kalau barang bagus jualnya sedikit harganya juga jadi mahal.”

Kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, Bus Tabrak Mobil Terios sampai Ringsek

Viral Kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, Bus Tabrak Mobil Terios Sampai Ringsek

Media sosial dihebohkan dengan kecelakaan maut antara bus dan Daihatsu Terios di Jalan Lintas Sumatera Bungo, Jambi, Sumatera (Sumbar).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2023