Kenapa Esemka Batal Tampil di GIIAS?

Mobil Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) selaku produsen otomotif dengan merek Esemka sebelumnya menegaskan bila pihaknya akan meluncurkan mobil dengan jenis pikap pada Agustus tahun ini.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, Hosea Sanjaya bahkan menegaskan mobil pertama karya anak bangsa tersebut akan ditempatkan menjadi kendaraan pedesaan.

Disebut-sebut akan ikut andil bagian dalam pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung sejak tanggal 11 sampai 21 Agustus 2016, Esemka ternyata tidak turut serta.

Lihat Mobil Ini Diangkut Polisi, Netizen Sebut Gaib

"Kami undang, tapi yang bersangkutan mengundurkan diri. Jadi kami sudah undang dan kami berikan tempat khusus," ungkap Ketua Umum Gaikindo periode 2016-2019, Yohannes Nangoi di ICE, BSD City, Tangerang selatan, Minggu, 21 Agustus 2016.

Saat disinggung mengenai faktor utama Esemka mengundurkan diri, Yohannes enggan berkomentar banyak.
"Enggak (harga sewa yang mahal), saya kasih harganya juga berbeda dengan yang lain. Sudah saya siapkan, mereka bilang kali ini tidak dapat berpartisipasi," ujarnya.

Ignasius Jonan Beli Esemka, Satu Garasi Bareng Mobil Rp1 Miliar

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan bila Esemka saat ini sudah menerima Nomor Identitas Kendaraan (NIK).

"Saya enggak tahu kalau mereka sudah lakukan atau belum (uji emisi). Saya cuma mengawasi kesiapan industrinya, dan kami melihat sudah siap. Tapi yang jelas kami sudah menerbitkan NIK, jadi kalau mereka produksi mereka susah bisa mencantumkan nomor rangka, karena sudah punya NIK, tapi kalau mau produksi harus uji," kata Putu.

Mobil SUV buatan VinFast

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

Proyek bomnas Vietnam diberi nama Vinfast.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2020