TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Agar Mobil Matik Tak Gampang Rewel

"Tanjakan terjal, posisikan L, jangan D."
Tips Agar Mobil Matik Tak Gampang Rewel
Mobil transmisi matik. (bosmobil.com)

VIVA.co.id – Pada umumnya, pengguna mobil bertransmisi matik harus melakukan perawatan yang esktra ketimbang mobil bertransmisi manual. Sebab, mobil matik umumnya lebih repot penanganannya jika sudah bermasalah.

Salah satu hal yang dikeluhkan para pengguna mobil matik adalah tarikan yang mulai berat dan menghentak. Kasus ini terjadi, karena biasanya ada beberapa komponen yang mulai aus atau rusak.

"Kita juga harus cek kualitas dan kuantitas oli matik-nya, tune up, cek via komputer untuk mengetahui performa mesin, serta ada trouble atau tidak," kata Mu'min, teknisi bengkel resmi Toyota, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 22 Agustus 2016.

Kemudian, masalah yang sering dikeluhkan lainnya adalah mobil matik boros bahan bakar. Menurut dia, pengemudi mobil matik jangan selalu melakukan kick down untuk berakselerasi. "Kalau selalu di-kick down, itu yang mengakibatkan mobil matik agak boros. Tetapi, kalau bawanya diurut gasnya, enggak terlalu boros kok. Apalagi, untuk mobil matik sekarang-sekarang ini," ungkapnya.

Untuk pengguna mobil matik pemula, harus melakukan beberapa hal yang disarankan oleh bengkel resmi. "Saat macet, atau lampu merah, sebaiknya posisi transmisi berada di N, atau P, agar tidak terlalu dibebankan ketika macet, atau lampu merah bila posisi di D," ujarnya.

Ia melanjutkan, bagi pemula juga disarankan untuk melakukan perawatan kendaraan sesuai buku servis. Karena, dengan melakukan perawatan secara rutin atau berkala, mobil akan sehat dan tak bermasalah saat diajak menunjang aktivitas. "Jangan lupa, saat tanjakan terjal gunakan di posisi L, jangan di D," katanya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP